Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Kampus II Polbangtan Gowa Pasarkan Susu Kurma dan Ice Cream, Minat Masyarakat Sekitar Besar

Produk Laboratorium Kampus II Polbangtan Gowa
Produk Laboratorium Kampus II Polbangtan Gowa

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak generasi milenial untuk menjadi bagian dari pembangunan pertanian. Menurutnya, kekayaaan sumber daya alam di Indonesia membuka peluang bisnis pertanian yang luas untuk digarap kaum milenial.

“Semangat muda yang dimiliki kaum milenial harus menjadi dorongan postitif bagi pembangunan pertanian Indonesia, terutama dalam peningkatan ekspor pertanian yang akan memengaruhi perekonomian negara,” ungkap SYL.

Lebih lanjut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPPSDMP) Dedi Nusyamsi mengatakan bahwa tongkat estafet pembangunan pertanian ada di pundak generasi milenial. “Generasi milenial memiliki ciri berpikir strategis, inspiratif, inovatif, energik, antusias, dan fasih mengadopsi teknologi digital dalam beragam aspek bisnis sehingga mampu menjadi pembawa pembaruan dalam pembangunan pertanian,” ujarnya.

Bertempat di gedung laboratorium teknologi hasil ternak, Kampus II Polbangtan Gowa, Kabupaten Bone. Ibu Andi Triana bersama dengan PLP mata kuliah pengolahan hasil ternak yakni Irma dan Andi Aso serta dibantu pegawai yakni Winda Nur Rahmi membuat produk dari hasil olahan susu yaitu susuku’ma dan ice cream rodeo. Pertama kali dibuat pada tanggal 16 Nov 2020 dan dipasarkan pada tanggal 17 Nov 2020.

Susuku’ma dan ice cream rodeo merupakan produk olahan dari susu. Susuku’ma yakni susu rasa kurma ditambahkan dengan madu sedangkan ice cream rodeo terdiri dari 2 varian yaitu vanila dan cokelat.

Menarik untuk Anda:

Susu memiliki kandungan gizi yang lengkap. Es krim merupakan produk olahan susu yang dibuat dengan cara membekukan dan mencampur bahan baku secara bersama-sama . Bahan yang digunakan adalah kombinasi susu dengan bahan tambahan seperti gula dan madu atau tanpa bahan perasa dan warna , dan stabilizer, bahan campuran es krim disebut ice cream mix (ICM), dengan pencampuran bahan yang tepat dan pengolahan yang benar maka dapat dihasilkan es krim dengan kualitas baik (Susilorini dan Sawitri, 2007).

Es krim dan minuman campuran dari susu masuk kategori kudapan atau camilan manis dan dapat dijadikan sebagai salah satu camilan yang dapat meningkatkan suasana hati jadi lebih baik.

Pada dasarnya susu sudah lama dikenal dan baik untuk kesehatan terutama untuk tulang. Akan tetapi mencampurnya dengan kurma dan madu, nutrisi yang didapatkan akan semakin baik lagi. Karena buah kurma dan madu banyak mengandung manfaat bagi tubuh. Dengan perpaduan tersebut diharapakan terciptanya produk olahan susu yaitu sebuah minuman paket komplit yang mengandung antioksidan, magnesium, dan kalium. Berikut manfaat yang dapat diperoleh setelah mengkonsumsi produk kami yaitu jantung menjadi lebih sehat, booster ASI, mengobati sembelit, tulang kuat, mengobati anemia, meningkatkan fungsi seksual, menjaga kesehatan sistem syaraf, kulit sehat, dan dapat menjaga kesehatan otak” ungkap triana.

Selanjutnya triana menambahkan, dinamakan ice cream rodeo dari sebuah olahraga kompetitif yang muncul dari praktik kerja menggiring ternak dibeberapa negara. Kata kompetitif tersebut diharapkan pada produk ice cream Lab. teknologi hasil ternak kedepannya mampu berkembang dan memiliki daya saing serta dapat diperhitungkan di pangsa pasar, dan Alhamdulillah, setelah kita pasarkan minat masyarakat sekitar besar.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Bahas Kepemimpinan Generasi Milenial, HMJ Komunikasi UINAM Gelar Diskusi Publik

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, BEM Unsa Makassar Gelar Bazar Penggalangan Dana Mubes

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar