Liburan sambil Belajar? Inilah 5 Tempat Wisata Edukasi Anak di Solo

Museum Bank Indonesia (sumber : mediabumn.com)
Museum Bank Indonesia (sumber : mediabumn.com)

Terkini.id, Solo – Selain memiliki daya tarik sebagai kota budaya, Solo juga mengembangkan destinasi wisata edukasi. Berbagai destinasi wisata edukasi dirancang agar anak-anak bisa bermain dan berekreasi sambil belajar. Ingin tahu tempat wisata edukasi anak yang asyik untuk dikunjungi? Yuk, simak.

1. Kebun Binatang Jurug

Taman Satwa Taru Jurug, Solo (sumber : dictio.id)

Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau juga dikenal Kebun Binatang Jurug telah berdiri tahun 1972. Tempat wisata ini berada di pinggir Sungai Bengawan Solo. Pemandangan di Kebun Binatang ini sangat indah sehingga tempat ini cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga. Anak-anak juga bisa belajar mengenal berbagai spesies tumbuhan dan binatang, seperti gajah, burung merak, harimau, unta, kuda nil, dan jerapah. Tertarik berkunjung ke sini?

2. Taman Cerdas Jebres

Taman Cerdas Jebres ini merupakan tempat wisata yang sangat cocok dikunjungi oleh anak-anak. Taman ini difungsikan sebagai taman rekreasi yang berfungsi melatih aktualisasi diri anak juga melatih ketangkasan. Berbagai fasilitas dan permainan indoor maupun outdoor disediakan untuk para pengunjung.

Saat tiba di sini, pengunjung akan disambut dengan relief, patung tembaga para tokoh nasional Indonesia, patung tokoh pewayangan, patung dinosaurus, dan manusia purba. Semua keberadaan patung dan relief ini bisa menjadi media belajar bagi anak-anak.

3. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia (sumber : mediabumn.com)

Salah satu tempat wisata edukasi yang asyik untuk anak-anak di Solo adalah Museum Bank Indonesia. Museum yang dulunya bernama Javasche Bank ini dekat dengan kantor pemerintahan.

Baca juga:

Museum ini memiliki arsitektur masa lampau yang unik dan sudah berstatus sebagai cagar budaya. Sekarang Museum Bank Indonesia ini telah berubah fungsi sebagai museum juga sebagai perpustakaan. Museum ini akan mengajak anak-anak untuk menyaksikan sejarah beroperasi Bank Indonesia dan transaksi finansial.

4. Museum Fosil Sangiran

Museum Sangiran Solo (sumber : sejarahlengkap.com)

Belum lengkap berkeliling Solo tanpa menyambangi Museum Fosil Sangiran. Museum ini merupakan tempat asyik untuk mengajak anak-anak liburan sambil belajar. Sebagai objek wisata edukasi dan arkeologi, museum ini terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Museum Fosil Sangiran juga digunakan sebagai pusat penelitian kehidupan prasejarah terlengkap di Asia bahkan dunia. Berbagai koleksi fosil manusia dan binatang purba dipamerkan di museum ini. Nikmati juga berbagai fasilitas seperti ruang audio visual, gardu pandang Sangiran, ruang pameran, dan kios suvenir yang menjual berbagai replika manusia purba.

5. Monumen 45 Banjarsari

Monumen 45 Banjarsari (sumber : solopos.com)

Tempat wisata edukasi lain di Solo yang asyik adalah Monumen 45 Banjarsari. Monumen 45 Banjarsari ini merupakan monumen peringatan yang dibangun untuk mengenang peristiwa bersejarah “Serangan Empat Hari” di Solo. Monumen ini juga dilengkapi dengan air mancur, taman bermain, jalur pedestrian, dan hutan kota. Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin mengajak anak-anak untuk berekreasi sambil belajar sejarah.

Inilah 5 tempat wisata edukasi yang cocok untuk anak-anak di Solo. Ingin pergi liburan ke Solo bersama keluarga? Segera pesan hotel syariah di Solo melalui Airy Syariah. Manfaatkan berbagai harga promo hotel murah di Solo dan seluruh kota di Indonesia hanya di Airy Syariah.

Komentar

Rekomendasi

Pemerintah Ajak Pelaku Wisata Selam Siapkan Strategi Promosi Pasca Pandemi

Bantu Penanganan Covid-19, NRA Group Serahkan 15 Ton Beras ke Pemkab Gowa

Antisipasi Lonjakan Wisata, Berikut Himbauan Menparekraf Wishnutama

Taman Wisata Puncak Bila Tutup Sementara, Ini Alasannya

Wabah Covid-19, Sektor Pariwisata Kota Makassar Anjlok

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar