Masuk

Lima Fakta Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee yang Jadi Sorotan Publik

Komentar

Terkini.Id, Jakarta – Lima Fakta Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee yang menjadi sorotan Publik sejak kehadirannya di Bali mendampingi sang suami, Presiden Yeon Suk Yeol di KTT G20 Nusa Dua.

1. Pendiri dan CEO Perusahaan
Kim merupakan seorang Chief Executive Officer dan Presiden perusahaan pameran senin Covana Contents yang berdiri sejak 2007.

Sejak itu, Covana Contents telah menyelenggarakan beberapa pameran seni yang cukup besar di Negeri Ginseng seperti memamerkan lukisan seniman Alberto Giacommetti, Marc Hagall, dan Mark Rothko.

Baca Juga: KTT G20 Tahun 2022 di Bali Merupakan Salah satu Momen Bersejarah

2. Lulusan Jurusan Seni
Kim diketahui merupakan lulusan seni lukis di Kyonggi University. Ia juga mengambil gelar master di pendidikan seni dan gelar doktor di desain konten digital.

Membangun karirnya di industri senin dan desain, ia pernah menjadi instruktur sekolah dan universitas.

“Sejak usia dini, saya tertarik pada seni. (Dari latar belakang akademis saya) saya secara alami berkeinginan untuk memulai bisnis yang dapat menyebarkan nilai seni,” kata Kim dalam sebuah wawancara dengan DongA Business Review pada 2015.

Baca Juga: Rusia Tolak Mentah 10 Poin Usulan Perdamaian Zelensky

“Saya ingin melampaui perencanaan pameran seni untuk menciptakan pengaruh positif di sektor budaya secara keseluruhan.”

Tak heran, kecintaannya akan seni dan estetika menjadikan Kim kerap dinobatkan sebagai Ibu Negara Korsel paling stylish sejauh ini. Kim kerap tampil dengan baju modis buatan desainer ternama.

3. Potret Wanita Karier yang Berani
Banyak pihak yang menilai Kim membawa warna baru dalam kehidupan sosok Ibu Negara Korsel.
Selama ini, setiap istri Presiden Korsel berusaha tetap low profile demi mendukung kinerja para suaminya.

Berbeda dengan para pendahulunya, Kim dinilai berani tampil dan menyuarakan opininya di depan publik meski hal itu berisiko menuai kritik yang dapat membayangi kepemimpinan suami.

Baca Juga: Brasil Melaju ke Quarter Final Piala Dunia 2022 Usai Taklukkan Korea Selatan 4-1!

Sejumlah pengamat menilai Kim ialah ibu negara yang tidak biasa dalam banyak hal. Ketika pendahulunya tidak menonjolkan diri saat suami mereka memimpin negara, Kim malah tampaknya tidak terlalu peduli untuk mengalihkan perhatian publik padanya.

Kim juga menyorot perhatian publik lantaran penampilannya yang selalu klasik tetapi glamor di hampir setiap acara.

Kang Jin-joo, kepala Klinik Citra Pribadi sekaligus eks konsultan mantan presiden Korea Selatan Lee Myung-bak 2007-2008, mengatakan bahwa Korsel belum pernah memiliki ibu negara seperti Kim sebelumnya.

“Sampai saat ini, para ibu negara telah menampilkan keindahan dari kerendahan hati dan kesopanan dalam pakaian mereka,” kata Kang.

“Kim, di sisi lain, menggambarkan citra wanita berkelas, canggih, mandiri, dan profesional.”

4. Punya Klub Fan Sendiri
Kim juga dinilai Ibu Negara Korsel langka lantaran memiliki klub penggemar sendiri yang dibentuk di portal web terbesar Korea, Naver.

Dikutip The South China Morning Post, situs penggemar resmi Kim Keon-hee didirikan Desember lalu dan memiliki lebih dari 93.000 anggota.

Halaman penggemar Facebooknya “Keon-hee sarang”, yang dalam bahasa Korea berarti “Cinta untuk Keon-hee”, mengunggah foto-foto kehidupan sehari-harinya yang belum pernah dirilis di dalam dan di luar kantor kepresidenan.

5. Tidak Memiliki Anak
Kim dan Yoon menikah pada Maret 2012. Kim mengaku tidak ada kisah cinta yang romantis atau haru antara mereka berdua.

Namun, Kim menuturkan ia dan suami sudah kenal bertahun-tahun lamanya sebelum menikah.

Pada 2018, Kim mengungkap setelah mengenal Yoon cukup lama, mereka merasa cocok untuk menikah. Saat menikah, Kim berumur 40 tahun, sementara Yoon sudah berusia 52 tahun.

“Dia (Yoon) tidak punya uang, dan saya pikir dia tidak bisa menikahi siapa pun jika itu bukan saya,” kata Kim dalam wawancara kontroversialnya seperti dikutip The Straits Times.

Hingga kini, Yoon dan Kim tidak memiliki anak. Keduanya hidup dengan empat anjing dan tiga kucing, Jumat 18 November 2022, dilansir CNN Indonesia.