Masuk

Luhut Binsar Minta Dokter Diaspora Pulang Bantu Tangani Covid-19 di Tanah Air

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Menko Maritim yang saat ini juga menjabat sebagai Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Luhut Binsar Panjaitan, berharap dokter diaspora untuk pulang menangani pandemi Covid-19 di tanah air.

Mengutip suaracom jaringan terkini.id, Luhut disebut sudah berkoordinasi dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ristek Nadiem Makarim untuk pelibatan mahasiswa tingkat akhir.

“Selain dokter di dalam negeri, dibuka juga kesempatan untuk dokter diaspora yang ingin mengabdi. Untuk itu, bagi warga diaspora di seluruh dunia, Indonesia memanggil bakti dan sumbangsih Anda kepada sesama saudara sebangsa kami nantikan,” kata Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dedy Permadi, saat jumpa pers daring, Minggu 11 Juli 2021.

Baca Juga: Pernyataan Luhut Binsar Pandjaitan Soal OTT KPK Tuai Berbagai Tanggapan

Saat ini, kata Dedy, pemerintah menargetkan konversi tempat tidur rumah sakit untuk pasien Covid-19 sebesar 40 persen, sekaligus mengubah sarana umum seperti rusun, wisma, asrama haji, dan asrama TNI-Polri untuk menjadi rumah sakit lapangan.

“Tempat-tempat tambahan ini membutuhkan tenaga kesehatan yang cukup banyak,” bebernya.

Terus Bertambah

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengumumkan kasus positif Covid-19 di Indonesia kembali bertambah sebanyak 36.197 orang pada Minggu 11 Juli 2021. Kekinian total kasus menembus 2.527.203 orang.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Angkat Bicara Soal Pencabutan PPKM

Dari jumlah itu, ada tambahan 1.007 orang meninggal sehingga total menjadi 66.464 jiwa meninggal dunia.

Kemudian ada tambahan 32.615 orang yang sembuh, sehingga total menjadi 2.084.724 orang lainnya dinyatakan sembuh.