Mahasiswa KKN-E Unifa Ajarkan Warga Rappokalling Cara Mengolah Sampah Plastik

Unifa
Mahasiswa KKN-E Unifa bersama warga Kelurahan Rappokalling, Makassar

Terkini.id, Makassar – Mahasiswa KKN-E Universitas Fajar (Unifa) Makassar menggelar Seminar Program Kerja bertemakan “Meningkatkan Perekonomian Warga Dengan pemanfaatan limbah Sampah Plastik” bertempat di Kelurahan Rappokalling, Makassar, Kamis 28 Februari 2019.

Adapun Program Kerja yang disampaikan berkaitan erat dengan sampah plastik dan cara pengolahan serta pemanfaatan hingga menjadi sebuah penghasilan.

“Dalam proker KKN-E UNIFA kali ini telah mencanangkan pembuatan tempat sampah 3 sekat untuk membedakan jenis-jenis sampah, agar lebih mudah diolah,” kata Koordinator Pelaksana Kegiatan M Ade Caesaryo pada media, Jumat 1 Maret 2019.

Masalah dari setiap kelurahan, kata dia, adalah masalah sampah. Maka dari itu pihaknya mengharapkan masyarakat bisa membedakan sampah organik dan non-organik yang dapat diolah.

Warga Rappokalling, lanjutnya, sangat antusias meningkatkan pemanfaatan sampah di lingkungan sekitar. Karena beberapa dari masyarakat telah mengolah sampah menjadi bahan kerajinan yang bernilai Ekonomi.

“Warga sangat merespon positif kegiatan sosialisasi proker seperti ini,” ujar Zulfahmi salah satu mahasiswa KKN-E Unifa.

Warga Kelurahan Rappokalling tertarik dengan program kerja mahasiswa KKN-E Unifa

Sementara itu, Hartawati selaku Ketua RW 05 Kelurahan Rappokalling mengaku tertarik dengan program kerja mahasiswa KKN-E Unifa.

“Saya sangat tertarik dengan program adik-adik tentang pemanfaatan limbah sampah di lingkungan kami yang sebenarnya sudah ada sebelumnya namun masyarakat belum mengetahui secara spesifik cara pemanfaatan sampah dengan baik dan benar,” ujar Hartawati.

Selain program kerja tersebut, mahasiswa KKN-E Unifa juga berencana untuk membentuk Website Kelurahan Rappokalling.

“Website tersebut akan digunakan untuk membrending kegiatan-kegiatan yang ada di kelurahan Rappokalling,” kata Ade Caesaryo.

Mahasiswa KKN-E Unifa berharap dengan adanya program kerja ini, masyarakat dapat mengembangkan kesadaran lingkungan di sekitar tempat tinggal.

Acara tersebut dihadiri para pejabat RT dan RW setempat diantaranya 5 Ketua RW, 20 Ketua RT dan masyarakat.

Citizen Reporter: Gusti Ridani

Berita Terkait
Komentar
Terkini