Mahasiswa KKN Unhas Tamalanrea 22 Gelar Aksi Donor Darah

Terkini.id, Makassar – Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) Gelombang 106 Tamalanrea 22 yang didampingi oleh Siti Hijraini, S.T.,M.T menyelenggarakan aksi sosial donor darah di Kantor Lurah Tamalanrea Jaya pada Sabtu, 31 Juli 2021.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu Program Kerja Unggulan yang direkomendasikan langsung oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar sehingga program ini terlaksana atas kerjasama seluruh Posko KKN yang berada di Tamalanrea Jaya, Lurah, PMI maupun pihak dari Universitas Hasanuddin.

​Pandemi Covid-19 menyebabkan seluruh aktivitas mengalami keterbatasan termasuk dengan berkurangnya secara drastis donor darah sehingga stok darah menjadi kosong padahal darah merupakan suatu kebutuhan yang penting dikala kondisi darurat seperti saat ini.

Baca Juga: KKN Unhas G-106 Wilayah Takalar 1 Hadirkan Peta Tiap Dusun...

Maka dari itu, peserta KKN Tamalanrea 22 ini berharap dengan adanya aksi sosial yang dilaksanakan ini menjadi bukti nyata kepada masyarakat terhadap pengabdian yang dilakukan serta menjadi contoh bahwa donor darah di tengah pandemi tidak menyebabkan terpaparnya Virus Covid-19 seperti yang beredar di kalangan masyarakat saat ini.

​Pada kegiatan itu, sebanyak 32 orang yang telah mendaftar namun yang memenuhi kualifikasi hanya sebanyak 17 kantong darah yang berhasil lolos screening.

Baca Juga: Puncak Festival Sampah, KKN Unhas G-106 Takalar 1 Gelar Seminar...

Kuantitas tersebut tentu tidak sebanding dengan jumlah peserta KKN mengingat bahwa salah satu syarat melakukan donor darah adalah yang tidak berstatus vaksin I.

Sedangkan, Universitas Hasanuddin baru saja menyelenggarakan untuk para mahasiswanya sehingga masih berstatus Vaksin 1.

Hal itulah yang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya kantong darah yang dicapai. 

Baca Juga: Mahasiswa KKN Unhas Gelombang 106 Tamalanrea Kampanye Pola Hidup Sehat...

Namun, hal tersebut tidak mengalami kendala signifikan karena masih terdapat beberapa peserta yang telah melaksanakan vaksin II dan melakukan donor darah.  

​Program Kerja unggulan tersebut dilaksanakan tentu dengan protokol kesehatan dibuktikan dengan tidak adanya kerumunan, peserta disiplin menggunakan masker, handsanitizer dan jaga jarak. 

“Selain itu, dengan adanya kegiatan ini kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mendonorkan darahnya agar dapat bermanfaat kepada orang lain dan menjadikan tubuh menjadi sehat dan lebih segar sehingga sulit untuk terpapar oleh virus apapun termasuk Covid-19. Bahkan, di dalam setiap ajaran pun menyatakan bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain,” ujar Siti Hijraini, S.T.,M.T, pendamping mahasiswa KKN Unhas Gelombang 106 Tamalanrea 22.

Citizen Reporter : Zahra Annisa

Bagikan