Makassar Target Oktober 2021 Vaksinasi Covid-19 Capai 70 Persen

Terkini.id, Makassar – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dr Nursaidah Sirajuddin menargetkan realisasi vaksinasi Covid-19 mencapai 70 persen pada Oktober 2021.

Menurutnya, jumlah tersebut sudah mendekati terbentuknya kekebalan kelompok (herd Immunity).

Saat ini cakupan vaksinasi sudah mencapai 53,38 persen atau 588.409 ribu dari target 1.102.330 vaksinasi. Sementara tahap kedua dilaporkan sudah mencapai 32,61 persen atau sebanyak 359.521. 

Baca Juga: Dies Natalis ke-100, PIP Makassar Pecahkan Rekor MuRI

“Sudah lebih dari setengah yang kita harapkan minimal 70 persen. Kita sudah mendekati herd immunity di Kota Makassar,” ujar Ida, sapaannya, Selasa, 7 September 2021.

Saat ini, progres vaksinasi Covid-19 berlangsung lamban lantaran baru diakomodir oleh organisasi dan instansi TNI-Polri. Sementara suplai vaksin utama dari pusat ke pemerintah kota tersendat-sendat.

Baca Juga: Dukung Pengoperasian Petepete Smart, Komisi C DPRD Makassar: Bisa Jadi...

“Yang terakhir yang masuk 4 ribu sekian vial. Yang menguntungkan kita di Kota Makassar karena banyaknya alokasi khusus, yang bantu organisasi-organisasi, membantu Pemkot untuk mengalokasikan vaksin,” kata dia.

Ida mengatakan pihaknya masih menunggu stok vaksin dari pusat. Jika sudah tiba, target 100 persen vaksinasi per kelurahan dalam satu hari sudah bisa dijalankan.

“Sebenarnya alokasi vaksin yang kita tunggu. Makanya bapak sempat katakan yang 100 persen satu hari begitu vaksin banyak dari pusat, kita langsung sasar kelurahan untuk men-100-kan,” tuturnya.

Baca Juga: Dukung Pengoperasian Petepete Smart, Komisi C DPRD Makassar: Bisa Jadi...

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengapresiasi capaian tersebut. Utamanya organisasi dan komunitas yang mendorong progres capaian vaksin.

“Komunitas-komunitas akan mempercepat vaksinasi dan mempercepat orang semua bisa tervaksin dengan baik karena orang kan terjaring sendiri,” katanya.

Dia mengatakan tengah mempersiapkan target vaksinasi 100 persen satu hari di tingkat kelurahan. Hanya saja pihaknya masih terkendala suplai vaksinasi dari pusat.

Bagikan