Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari Erat Kaitannya dengan Memperpanjang Umur

Manfaat jalan kaki
Manfaat jalan kaki

Terkini.id, – Jalan kaki setiap hari dapat memberi dampak baik bagi kesehatan tubuh. Melakukan aktifitas sesedikit apapun lebih baik daripada duduk seharian.

Duduk berjam-jam sambil bekerja, nonton film atau drama dan main game diketahui lebih berisiko mengalami kematian dini dibandingkan mereka yang aktif bergerak.

Efek buruk dari duduk sepanjang hari perlu diimbangi dengan aktifitas fisik yang cukup.

Jalan kaki setidaknya 11 menit saja sehari sudah cukup membantu mengurangi konsekuensi kesehatan yang diakibatkan terlalu banyak duduk.

Penelitian menemukan bahwa mereka yang tidak banyak bergerak berisiko tinggi meninggal di usia muda.

Menarik untuk Anda:

Berdiri dan bergerak dapat mengurangi ancaman kematian dini, meskipun tidak melakukan gerakan yang banyak tetapi bangkit dan berdirilah, jangan duduk saja.

Sebuah studi di tahun 2016 yang melibatkan lebih dari satu juta orang menyarankan pria dan wanita untuk melakukan olahraga sekitar 60-75 menit untuk mengurangi efek duduk berjam-jam setiap harinya.

Studi terbaru yang diterbitkan pekan lalu dalam edisi khusus British Journal of Sports Medicine, melansir dari Kompas.com, peneliti memakai monitor aktivitas untuk melacak seberapa banyak partisipan yang bergerak dan duduk.

Peneliti akhirnya mengumpulkan hasil dari sembilan penelitian terbaru pada partisipan hampir 50.000 orang pria dan wanita memakai akselerometer. Partisipan berusia paruh baya yang lebih tua tinggal di Eropa atau Amerika Serikat.

Dalam studinya para ilmuwan menggabungkan dan menyusun data sembilan studi dan menemukan bahwa sebagian besar dari orang yang duduk dalam kesehariannya menghabiskan hampir 10 jam sehari-hari. Bahkan banyak dari mereka hampir tidak bergerak atau melakukan olahraga jalan kaki selama dua atau tiga menit.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

6 Cara agar Tampilan Desain Exterior Rumah Anda Cantik dan Berkesan

Kenali Beragam Obat Pelangsing dengan Bahan Alami

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar