Masuk

Manfaat Teh Daun Kelor, Poin Ketiga Paling Dimintai Masyarakat Indonesia

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Daun kelor adalah salah satu daun populer yang sering digunakan sebagai herbal alami hingga kerap dijadi sayur sebagian orang.

Namun, tahukah anda jika Daun kelor biasanya digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti demam.

Anda bisa mengolah daun kelor dan mengonsumsinya dalam bentuk rebusan air daun kelor atau teh daun kelor.

Baca Juga: Inilah Lima Efek Tidur dengan Kipas Angin Menyala Semalaman

Teh Daun kelor jika Anda rutin mengonsumsinya bisa mendatangkan manfaat yang baik untuk tubuh. Apa saja itu?

Adapun penjelasan manfaat teh daun kelor yang cocok untuk kesehatan. seperti dikutip Terkini.id dari Jpnn. Senin, 26 Sepetmber 2022

1. Membantu memerangi malnutrisi

Daun kelor mengandung vitamin dan mineral penting yang bisa membantu memerangi rasa lapar dan membantu menambah nilai gizi pada makanan anak. Daun kelor juga sangat kaya akan zat besi dan telah terbukti membantu dalam mengobati anemia dengan meningkatkan kadar zat besi dalam darah.

Baca Juga: Heboh, Terobos Ruang Sidang Ferdy Sambo, Syarifah: I Love You Pak Sambo, Aku Ingin Jadi Istrimu

Tingginya jumlah vitamin C dalam daun kelor juga membantu dalam meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Hal ini juga menjadikan daun kelor sebagai sumber nutrisi yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan anak-anak yang kekurangan gizi.

2. Kaya antioksidan

Daun kelor mengandung antioksidan penting yang membantu menghilangkan radikal bebas beracun dari tubuh. Sebuah penelitian pada 90 wanita pascamenopause menemukan ada peningkatan kadar anti-oksidan darah setelah asupan rutin 7g (1,5 sendok teh) bubuk daun kelor selama 3 bulan.

Sifat antioksidan juga telah diketahui efektif melawan degenerasi neuron dan demensia dengan mengurangi stres oksidatif. Studi menunjukkan daun kelor bisa menunda timbulnya penyakit Alzheimer dan membantu mengurangi gejalanya juga.

3. Membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar gula darah

Selain kaya akan vitamin C dan beta-karoten, daun kelor juga mengandung dua antioksidan penting, quercetin, dan asam klorogenat. Sementara quercetin telah ditemukan mampu untuk mengurangi tekanan darah pada tikus hipertensi, efek serupa belum diselidiki pada manusia.

Baca Juga: Inilah Tujuh Manfaat Daun Bawang yang Jarang Diketahui

Asam klorogenat, juga ditemukan dalam kopi, di sisi lain bisa membantu mengatur kadar gula darah.

Kelor juga mengandung polifenol dan senyawa bioaktif yang disebut isothiocyanates yang membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah, menjaga tekanan darah dan kadar glukosa Anda tetap terkendali.

4. Melindungi terhadap toksisitas arsenik

Kontaminasi arsenik dalam makanan dan air bisa menyebabkan peningkatan risiko masalah kesehatan utama seperti kanker dan penyakit jantung. Studi pada tikus telah menemukan hasil yang menjanjikan dalam daun kelor dan ekstrak bijinya. Mereka telah ditemukan memiliki efek kontra-protektif terhadap kontaminasi arsenik dan toksisitas.