Daun Kelor Makin Disukai di Sejumlah Negara, Ada Cara Pengolahan yang Unik

Terkini.id, Jakarta – Daun kelor (latin: Moringa oleifera) merupakan tumbuhan yang kaya dengan nutrisi.

Daun Kelor kini telah menjadi obat di Eropa. Kelor bahkan diproduksi menjadi obat, parfum hingga produk kecantikan.

Bukan cuma daunnya. Bagian kelor yang lain, mulai dari buahnya, sering digunakan untuk tambahan sayur pada masakan.

Selain itu, bunga kelor juga wangi dan bisa diproduksi untuk pembuayan parfum sejak lama oleh produsen-produsen kecantikan.

Selain itu, daunnya punya banyak khasiat untuk tubuh.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menganjurkan supaya anak-anak dan bayi agar mengonsumsi daun kelor, lantaran khasiat tumbuhan ini bisa mencegah dan meningkatkan kekebalan tubuh anak dari gizi buruk.

Hal itu telah dilakukan oleh negara Somalia, Etiopia, dan Sudan.

Kelor juga diketahui bisa menjadi obat kanker, sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Oncology Letters.

Bisa mengobati

Adapun kanker yang bisa diobati secara alami dengan mengkonsumsi kelor, yaitu kanker payudara, kanker paru, dan kanker kulit.

Hal itu disebutkan karena kelor memiliki antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lan yang mampu menangkal radikal bebas dan menekan pertumbuhan sel kanker.

Kelor juga kaya akan vitamin C dan E, juga mampu melindungi tubuh dan memperbaiki jaringan kulit pada wajah, selain untuk terhindar dar jerawat, kelor bisa meghilangkan secara alami noda hitam, flek hitam pada wajah dan bintik bintik merah karena kelor dapat membersihkan darah kotor.

Walaupun kelor tidak memiliki unsur merah pada daun, faktanya kelor kaya akan vitamin A, melebihi wortel dan tomat, karena memiliki kandungan vitamin A. Dalam 100 gram daun kelor terdapat 3390 SI vitamin A.

Berdasarkan penelitian C Gopelan yang dilakukan di National Institute of Nutrition di Hyberabad, India, seperti seperti dilansir dari tempo.co, nutrisi kelor akan semakin tinggi apabila daun kelor dikeringkan dan dibubukkan.

Apabila kita ingin mengkonsumsi daun kelor, kini sudah banyak industri yang menciptakan obat dan produk dari kelor, dalam berbentuk teh, kapsul, bubuk, makanan olahan.

Apabila ingin memiliki wajah yang bersih, kelor juga bisa menjadi pilihan sebagai masker wajah.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini
Health

Warga Minta Program IAS Digalakkan Kembali

Makassar, Program Makan Makanan Sehat dan Bergizi yang ditujukan untuk anak-anak Sekolah Dasar merupakan salah satu program yang pernah digalakkan oleh pemerintah Kota Makassar
Health

Bahayakah Gas Fogging Nyamuk Jika Kita Hirup?

Terkini.id, - Fogging nyamuk merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membasmi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.Mewabahnya penyakit demam berdarah di beberapa daerah di
Health

Hasil Penelitian, Gemuk Itu Bisa Menular

Terkini.id - Anda yang berada di sekeliling teman yang gemuk, perlu membaca hasil studi terbaru ini. Peneliti menyatakan, obesitas seharusnya dikategorikan sebagai penyakit menular.Peneliti