Menang di Tujuh Daerah, PDIP Sulsel Bakal Lakukan Evaluasi Pasca Pilkada 2020

Terkini.id — Sekretaris PDIP Sulawesi Selatan, Rudy Pieter Goni (RPG) mengatakan bahwa pihaknya bakal melakukan evaluasi pasca Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. 

Evaluasi akan dibahas pasca penetapan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) di 12 daerah yang menggelar Pilkada.

“Tentu ada evaluasi yang kami lakukan terhadap kader. Ini berlaku di 12 daerah yang menggelar pemilihan,” kata RPG, Ahad 13 Desember 2020.

Baca Juga: DPD PDIP Sulsel Gelar Bakar Festival Ikan Nusantara, Bakar Ikan...

Evaluasi itu kata RPG, dibagi dalam dua klaster. Untuk daerah yang memenangkan Pilkada dan yang gagal memenangkan Pilkada.

“Untuk daerah yang menang, indikatornya. Apakah karena kerja-kerja kita, atau kita berperan aktif atau hanya jadi penonton,” ungkap Legislator DPRD Sulsel ini.

Baca Juga: PDIP Sulsel Promosikan Kopi Toraja di Festival Kopi Nusantara

“Sedangkan bagi daerah yang gagal di Pilkada, apa yang kita kerjakan. Apakah maksimal atau diam sama sekali, dan juga apakah kalah karena kompetitor lebih baik atau karen kelemahan kita sendiri,” ujarnya.

Diketahui, di Pilkada serentak 2020 di Sulsel. Dari 12 kabupaten/kota yang menggelar pemilihan, partai besutan Megawati Soekarnoputri meraih kemenangan di tujuh daerah.

Yaitu kabupaten Luwu Timur. Mengusung paslon Thoriq Husler (inkumben)-Budiman. Kemudian di Kabupaten Luwu Utara Paslon Indah Putri Indriani (inkumben)-Suaib Mansur.

Baca Juga: PDIP Sulsel Promosikan Kopi Toraja di Festival Kopi Nusantara

Selanjutnya di Kabupaten Soppeng, paslon Kaswadi Razak (inkumben)-Luthfi Halide, Kabupaten Barru paslon Suardi Saleh (inkumben)-Aska Mappe.

Lalu di Kabupaten Selayar paslon Basli Ali (inkumben)-Saiful Arif, di Kabupaten Gowa paslon Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Mallagani Krg Kio, dan di Kabupaten Maros paslon Chaidir Syam-Suhartina Bohari. Di Maros PDIP hanya mendukung pasangan ini.

Sedangkan daerah yang gagal meraih kemenangan yaitu Kota Makassar paslon Syamsu Rizal-dr Fadli Ananda, Kabupaten Tana Toraja paslon Albertus Patarru dengan John Diplomasi, dan di Kabupaten Toraja Utara paslon Kala’tiku Paembonan-Etha Rimba P Tandi Payung.

Kemudian di Kabupaten Pangkep paslon Rahman Assegaf-Muammar Muhayyang, dan di Kabupaten Bulukumba paslon Tomy Satria Yulianto-Andi Makkasau.

Bagikan