Mengejutkan! Menkes Budi Bilang Covid Kemungkinan Hidup Cukup Lama dengan Masyarakat

Terkini.id, Jakarta – Mengejutkan! Menkes Budi bilang covid kemungkinan hidup cukup lama dengan masyarakat. Dalam keterangan persnya seusai pemerintah mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4 hingga 16 Agustus 2021 mendatang pada Senin 9 Agustus 2021 kemarin, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bilang kemungkinan virus corona akan hidup cukup lama dengan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, imbuh Budi Gunadi, pemerintah akan menyusun roadmap untuk mengatur aktivitas masyarakat karena hidup berdampingan dengan Covid-19.

“Ke depannya mungkin besar bahwa virus ini akan hidup cukup lama bersama kita. Jadi arahan Presiden (Joko Widodo), kita harus miliki roadmap bagaimana kalau ke depannya virus ini hilang butuh waktu sampai tahunan,” ungkapnya.

Baca Juga: Anies Baswedan Ubah RSUD Jadi Rumah Sehat Untuk Jakarta, Menkes:...

Budi Gunadi menambahkan, pemerintah ingin aktivitas masyarakat dan ekonomi tetap bisa berjalan dengan kondisi yang lebih aman. Untuk itu, pemerintah akan segera membuat pilot project yang mengatur secara digital penerapan-penerapan protokol kesehatan (prokes) di enam aktivitas utama.

“Perdagangan modern seperti mal, departemen store, perdagangan tradisional seperti pasar basah atau toko kelontong, kantor dan kawasan industri, transportasi baik darat laut udara, pariwisata hotel resto event, keagamaan, pendidikan,” jelasnya.

Baca Juga: Karena Ini, Warga Korut Ramai-Ramai Ajukan Gugatan Cerai

Kemenkes Budi menjelaskan, protokol kesehatan yang mendampingi kehidupan masyarakat ke depan bisa benar-benar praktis. Misalnya berbasis digital atau teknologi informasi (IT).

“Sudah diputuskan Presiden akan gunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai dasar, dan minggu depan mulai di beberapa mal kerja sama dengan asosiasi mal Indonesia,” imbuhnya.

Bagikan