Menuju PEN Bisa Cepat Direalisasikan, Bupati Gowa Harap Pengawalan Program dan Optimalisasi PAD

Terkini.id, Gowa – Dalam rangka untuk mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), di tengah pandemi Covid-19, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mendorong untuk mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di setiap kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Hal tersebut diutarakan Bupati Adnan saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2021 di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Senin kemarin.

“Kedepan saya berharap bukan hanya pengawalan program tetapi ada juga optimalisasi PAD, sehingga untuk menuju PEN bisa cepat direalisasikan,” ujarnya.

Baca Juga: Akselerasi Percepatan Kekebalan, PSMTI Gandeng Pemkab Gowa Lakukan Vaksinasi COVID-19

Ia juga menyebutkan bahwa di masa pandemi Covid-19, dana transfer dari pusat dan dana bagi hasil dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga mengalami penurunan, sehingga untuk menutupi hal tersebut maka dibutuhkan optimalisasi PAD.

“Sekarang kita tidak bisa berbuat terlalu banyak, dana transfer turun, dana bagi hasil Pemprov juga turun. Jadi, ketika kita mampu mengoptimalisasi potensi pendapatan daerah, berapapun dana transfer dan dana bagi hasil yang kita terima, saya kira itu tidak terlalu berdampak,” tandasnya.

Baca Juga: Operasi Ketupat, Cara Pemerintah Kabupaten Gowa Tekan Klaster Baru Covid-19

Sementara itu, Pelakasana Tugas (Plt) Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan bahwa pergerakan kemandirian ekonomi di Sulawesi Selatan secara makro masih banyak berpatokan pada penyerapan anggaran dan distribusi sistem APBD.

“Saya melihat bahwa pemulihan ekonomi dapat dilakukan jika uang beredar dan pergerakan pekerja. Demikian juga pergerakan barang dan jasa,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Ia berharap kepada para kepala daerah agar Anggaran Dana Desa (ADD) dapat dialokasi untuk anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), seperti sektor padat karya. 

Baca Juga: Pemkab Gowa Larang ASN Mudik dan Cuti Saat Lebaran 2021,...

Menurutnya jika ini dapat disentuh maka akan menyerap tenaga kerja. Selain itu, ia juga berharap Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dapat ikut mendampingi pelaksanaan program-program pemerintah khususnya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Sehingga peranan APIP dan BPK dibutuhkan untuk melakukan pendampingan agar program-program pembangunan yang ada dapat berjalan dan dipertahankan,” tambahnya.

1 2
Selanjutnya
Bagikan