Menutup Ramadhan, MASIKA ICMI dan HMI Tarbiyah Gowa Raya Laksanakan Tadarrus Ayat Semesta

Kajian Ayat-ayat Semesta (Koleksi Makassar Terkini)

Terkini.id, Makassar – Pengurus Nasional Majelis Sinergi Kalam (MASIKA) Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) bersama dengan Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Tarbiyah & Keguruan Cabang Gowa Raya, menutup Ramadhan dengan acara Tadarrus Akhir Ramadhan, 22 Mei 2020.

Menggunakan aplikasi Google Meet, peserta yang berpartisipasi lintas perguruan tinggi dan juga lintas kota.

Tadarrus Akhir Ramadhan tersebut mengkaji Ayat-Ayat Semesta dengan naras umber Agus Purwanto, DSc, dosen di Institut Sepuluh November (ITS), Surabaya.

Agus Purwanto juga turut dalam program trensains yang didirikan Muhammadiyah bertempat di Sragen, Jawa Tengah.

Demikian pula bersama-sama dengan Pesantren Tebu Ireng di Jombang, Jawa Timur, juga mengelola Trensains untuk tingkat sekolah menengah.

Menarik untuk Anda:

Pemaparan nara sumber dimulai dengan penjelasan tentang dominasi percakapan umat Islam soal fikih dan tafsir berbanding dengan 800 ayat Alquran yang fokus pada ayat-ayat kauniyah (ayat semesta).

Adapun penjelasan tentang ayat-ayat semesta sudah ditulis dalam buku judul yang sama.

Saat ini bahkan sudah terbit buku yang melengkapinya yang berjudul Nalar Ayat-ayat Semesta.

“Untuk itu, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah mulai belajar bahasa Arab yang berbasis pada Alquran,” kata Ismail Suardi Wekke, Wakil Ketua Umum Pengurus Nasional MASIKA ICMI.

Sementara itu, Himpunan Mahasiswa Islam Tarbiyah & Keguruan yang saat ini dipimpin Fachmi menyatakan bahwa pelaksanaan tadarrus akhir Ramadhan ini sebagai upaya untuk memberikan cakrwala kepada kader-kader HMI.

“Tidak saja dalam kajian NDP semata yang menjadi rujukan utama warga HMI, tetapi harus bergerak sehingga ada kemunculan pembaruan pemikiran Islam generasi kedua,” kata Fachmi.

“Ke depan, diskusi seperti ini perlu diintensifkan. Sehingga semangat untuk membawa IAIN ke UIN sesungguhnya adalah semangat untuk integrasi sains,” tutup Ismail.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Soal Kabar GMKI Dukung Papua Merdeka, Denny Siregar: Kalau Tidak Bertindak Kalian Sama FPI

Kisah Inspiratif Jurnalis Bergerak di Tengah Pandemi Covid-19

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar