Minim Partisipasi, Pemkot Makassar Kembali Tes Usap Massal di Kecamatan Untuk Ketiga Kalinya

Makassar
Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali melakukan tes usap massal pada 4 kecamatan pusat episentrum penularan Covid-19. Hal itu untuk melacak potensi penyebaran virus Covid-19. 

Meski jadwal tes usap massal di 15 kecamatan telah rampung bulan lalu, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan tes usap massal kembali dilakukan di kecamatan potensi zona merah. 

Pasalnya, tes tahap pertama dan kedua minim partisipasi dari masyarakat. 

“Kita liat ada beberapa kecamatan yang memang itu ditemukan kasus positif banyak, tapi yang ikut tes swab itu sedikit,” ungkapnya, Rabu, 21 Oktober 2020.

Adapun 4 Kecamatan pusat episentrum, berdasarkan data Satgas Covid-19 yakni Rappocini, Biringkanayya, Tallo dan Mamajang. 

Menarik untuk Anda:

Naisyah menilai 4 kecamatan tersebut masih belum terlacak secara maksimal disebabkan minimnya capaian target yang telah dialokasikan Diskes di setiap Kecamatan. 

“Rappocini, Tallo, Biringkanayya, dan Mamajang tinggi jumlah kasusnya tapi sedikit pemeriksaannya. Makanya kita kembali Masifkan pencarian dengan tes swab lagi,” jelasnya. 

Tes swab gratis, kata Naisyah, telah berlangsung sejak, Senin, 20 Oktober 2020 di Kecamatan Tallo. Berlangsung di 3 Puskesmas, yakni Rappokalling, Jumpandang Baru, dan Kaluku Bodoa, dan Kantor Kecamatan Tallo. 

Sementara untuk hari ini, tes usap berlangsung di Kecamatan Mamajang. Selain di Puskesmas Cendrawasih dan Mamajang, tes juga berlangsung di Kantor Camat Mamajang. 

Tes selanjutnya, Kamis, 22 Oktober 2020 di Kecamatan Biringkanaya. Tes usap akan dilangsungkan di Puskesmas Bulurokeng, Sudinga, Paccerakkang, dan Daya. Sementara itu, lokasi tes masih menunggu konfirmasi tempat. 

Sementara untuk hari terakhir tes usap akan berlangsung di Kecamatan Rappocini pada Jumat 23 Oktober 2020. Pemeriksaan di Puskesmas Minasa Upa, Kassi-Kassi, Mangasa, dan Ballaparang. 

“Untuk tes swab-nya masih menunggu konfirmasi tempat dari pihak kecamatan,” pungkasnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Siapkan 15 Ribu Alat Swab, Pemkot Makassar Target Zona Kuning Covid-19 di Akhir Tahun

Masih Pandemi, IDI Makassar Tolak Rencana Pembukaan Sekolah Tatap Muka Awal Januari 2021

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar