Muara Kanal Dipenuhi Eceng Gondok, Fuad: Kewenangan Balai Besar Pompengan

Sejumlah kanal di kota Makassar ditumbuhi eceng gondok

Terkini.id, Makassar – Pemandangan unik tampak di sejumlah kanal di Kota Makassar. Kanal-Kanal tersebut terlihat seolah tanpa air.

Sejak beberapa bulan terakhir kanal di Kota Makassar dipenuhi tanaman eceng gondok sehingga terlihat daratan hijau.

Eceng gondok (Eichhornia crassipes) adalah salah satu jenis tumbuhan mengapung di air dan terkadang berakar dalam tanah.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Drainase Dinas PU Makassar Fuad Aziz mengatakan, muara kanal yang dipenuhi eceng gondok bermasalah dengan proses pengairan.

“Memang kanal – kanal kita mengalami kendala dengan proses pengaliran karena cukup tingginya sedimentasi dan munculnya tanaman eceng gondok,” kata Fuad, Senin, 6 Januari 2020.

Menarik untuk Anda:

Kendati begitu, Fuad menegaskan bahwa proses pengangkatan sedimentasi dan pembersihan eceng gondok merupakan kewenangan Balai Besar Pompengan.

Sebelumnya, pihak Balai Besar Pompengan dan Pemerintah Kota Makassar telah merencanakan melakukan koordinasi untuk penanganan eceng gondok.

“Kita rencana mau duduk bersama dengan pihak Balai, dan kami akan mengusulkan penanganan eceng gondok kemudian dikoordinasikan kembali ke lintas SKPD,” jelasnya.

Kendati kewenangan kanal termasuk dari pihak Balai Besar Pompengan, Fuad menilai masyarakat tetap saja selalu menyalahkan pemerintah kota.

“Sebenarnya pimpinan sudah mewanti-wanti memerintahkan kita untuk memaksimalkan pembersihan kanal. Kalau sampah sampah di kanal kita sudah lakukan pembersihan,” jelasnya.

Namun kata Fuad, ketika eceng gondok dianggap seperti sampah maka pihaknya siap untuk melakukan pembersihan di seluruh kanal-kanal.

“Tetapi kita masih tunggu arahan dari Balai,” singkatnya.

Ia menambahkan bahwa pembagian tugas dan wewenang antara Balai Besar Pompengan dan pemerintah setempat sangat jelas, sehingga perlu adanya koordinasi sebelum melakukan pembersihan, termasuk eceng gondok.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Turunkan Ekskavator Amphibi, Dinas PU Makassar Keruk Area UPTD Pelelangan Ikan Rajawali

Tak Mendukung Dilan di Pilwali Makassar, PDIP: Silahkan Mundur

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar