Mudahnya Pencairan Dana JHT BPJS-TK: Antrean Online hingga e-Klaim

Terkini.id, Jakarta – Salah satu jaminan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan, yakni Jaminan Hari Tua, punya manfaat besar untuk para pekerja.

Jaminan Hari Tua merupakan upaya pemerintah melalui BPJS untuk membuat para pekerja tidak kesulitan di hari tuanya, khususnya saat pensiun.

Nah, untuk JHT ini, dahulu pekerja bisa mencairkan uang ketika memasuki usia pensiun, meninggal dunia, atau bisa lama keanggotaan minimal 10 tahun.

Saat ini, setelah terbitnya aturan Nomor 60 Tahun 2015, peserta BPJS ketenagakerjaan bisa mencairkan uang ketika diberhentikan (PHK) atau mengundurkan diri berapun lama keanggotaannya.

Untuk pekerja yang masih aktif bekerja dan menyiapkan pensiun, besaran uang yang dicairkan bisa mencapai 10%. Sedangkan pekerja yang ingin membeli rumah (sebagai DP KPR) bisa mencairkan 30%, dan pekerja yang kena PHK atau pensiun mencapai 100% dana JHT.

Nah, saat ini, ada berbagai cara untuk para pekerja yang ingin mencairkan Jaminan Hari Tuanya.

Pertama, dengan cara manual di kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat, dengan cara registrasi lebih dulu antrean online pada link https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id;

Kedua, bisa mencairkan lewat fasilitas online atau e-klaim dengan link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id;

Ketiga bisa datang ke Service Point Office (SPO) bank yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, yakni BNI dan BJB.

Keempat, anda juga bisa datang langsung ke ke kantor cabang perintis terdekat.

Berita Terkait
Komentar
Terkini