Muncul Petisi Soal Postingan Rizieq Shihab Diharamkan, Kominfo Angkat Bicara

Rizieq Shihab
Rizieq Shihab. (Youtube Front TV)

Terkini.id, Jakarta – Muncul sebuah petisi online yang menyebutkan postingan terkait Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab di media sosial ‘diharamkan’.

Dalam petisi itu disebutkan, setiap unggahan yang mengandung Rizieq Shihab akan dibanned oleh pihak Facebook dan Instagram.

Petisi tersebut dibuat oleh pengguna Facebook Rizqi Awal. Dalam petisinya, ia meminta pihak Facebook dan Instagram mencabut pelarangan unggahan yang terkait Habib Rizieq.

Namun, hingga saat ini petisi itu belum direspons oleh pihak Facebook Indonesia maupun Instagram.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) selaku regulator yang berwenang mengontrol berjalannya media sosial di Indonesia mengatakan, mengenai hal sensitif seperti larangan unggahan terkait Rizieq Shihab tersebut sebaiknya tidak berandai-andai.

Menarik untuk Anda:

Hal itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Ia menyarankan netizen untuk menanyakan dan meminta penjelasan langsung kepada pihak Facebook.

“Semoga Facebook memberikan informasi dari sumber yang tepat dan alasan utama kebijakan Facebook melakukan takedown,” kata Johnny, Jumat 4 Desember 2020 seperti dikutip dari Sindonews.com.

Sebelumnya, media sosial milik FPI yang dipimpin Habib Rizieq Shihab dibanned, termasuk Youtube Front TV yang diketahui kerap memposting video ceramah maupun kabar terbaru terkait Rizieq.

Dilihat dari kanal Youtube tersebut, video soal Rizieq Shihab tampil dengan layar hitam dan tertulis ‘This video is unavailable’.

Selain itu, media sosial Twitter resmi DPP FPI juga dibanned lantaran dinilai telah melanggar aturan yang ditetapkan oleh Twitter.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada pernyataan resmi dari pihak Facebook maupun Instagram terkait petisi online soal postingan Habib Rizieq Shihab diharamkan atau dilarang diunggah di kedua platform media sosial tersebut.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

KNPI Tantang Polisi Tangkap Abu Janda, Tengku Zul: Ditunggu Hukum Tajam ke Samping

Positif Covid-19, Begini Kondisi Ketua Satgas Doni Monardo

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar