Makassar Terkini
Masuk

Ngeri, Ini Sepak Terjang Ahmad Amsori Eks HTI, FPI dan Napi Teroris Kini Jadi Otak Deklarasi Dukung Anies Nyapres

Terkini.id, Jakarta — Sekelompok orang mengeklaim sebagai eks anggota Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Front Pembela Islam (FPI) dan narapidana teroris (napiter) mendeklarasikan diri untuk mendukung Anies Baswedan, salah satunya Ahmad Amsori  yang sepak terjangnya membuat ngeri sebagian orang.

Ahmad Amsori datang dan bahkan menjadi otak dalam deklarasi dukung Anies Baswedan yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dia digadang-gadang sebagai calon presiden (capres) 2024 oleh sebagian orang eks HTI dan napiter dengan mendeklarasikan diukungan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu 8 Juni 2022.

Salah satu yang membuat orang dan banyak pihak heran, meski mengantongi izin kepolisian acara itu memasang bendera ormas terlarang yakni HTI.

Bahkan, bendera HTI tersbut diletakkan persis di samping bendera merah putih di salah satu sisi panggung deklarasi acara tersebut.

Namun, saat acara deklarasi berlangsung mendadak ada pertikaian yang mempermasalahkan pemasangan bendera HTI hingga akhirnya dicopot dari tempat deklarasi.

Mereka yang datang di acara, ‘Deklarasi Sang Presiden Kami Anies Baswedan’ rata-rata memakai baju serba putih dan gamis yang kerap dipakai pengurus FPI.

Selain itu, para deklarator memasang poster dengan wajah Anies mengacungkan jempol berukuran besar.

Salah satu orang yang mendapat sorotan adalah otak atau aktor intelektual dibalik deklarasi dukungan eks FPI, HTI, dan napiter itu merupakan kader Nadhlatul Ulama (NU) bernama Ahmad Amsori.

Salah satunya diketahui dari pelacakan undangan yang disebar melalui grup Whatsapp. Amsori diketahui merupakan wakil ketua Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPBH PBNU) pada era Ketua Umum KH Said Aqil Siradj.

Setelah itu, profil dan kegiatan Amsori pun jadi viral dan banyak di media sosial (medsos). Bahkan, ada netizen khusus yang membongkar jejak Amsori yang dikenal sebagai pendukung berat Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam tampilan di beberapa foto serta video memperlihatkan menunjukkan jika ia sangat aktif berkampanye untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019.

Tak hanya itu, beberapa pihak juga dibuat kaget  Amsori juga pernah terlibat acara deklarasi ijtima ulama dan pemuda Islam yang mendukung Sandiaga Salahuddin Uno sebagai capres 2024.

Deklarasi itu dilaksanakan di Hotel Santika, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada 5 Januari 2022.

Sementara itu, dilansir dari Republika, Ketua PBNU Ahmad Fahrurrozi menyangkal tuduhan bahwa oleh beberapa orang melalui medsos. Amsori, kata dia, memang masuk struktur kepengurusan PBNU, namun bukan pada era KH Yahya Cholil Staquf.

Sekarang pada struktur kepengurusan organisasi PBNU yang baru, nama Amsori telah hilang.

“Dia wakil ketua dulu, dan sekarang sudah tidak menjabat lagi,” kata Ahmad seperti dikutip pada Minggu 12 Juni 2022.

Fahrurrozi menerangkan, Amsori kala tercatat sebagai pengurus di LPBH PBNU juga tidak terlalu aktif di organisasi.

Dia pun menerangkan bahwa Amsori saat ini tak lagi tercatat sebagai kader NU.

Hal itu disebabkan sudah tidak dalam lingkup organisasi dalam berkegiatan sehari-hari. “Berarti (Amsori) bukan kader lagi,” jelasnya.

Fahrurrozi bahkan menegaskan bahwa PBNU tidak terlibat dengan aksi Amsori yang menggalang acara deklarasi dukungan kepada Gubernur Anies.

Terlebih, dukungan tersebut berasal dari eks aktivis FPI, HTI, dan napiter. Salah satu yang membuat banyak orang heran mantan napiter yang gerak-geriknya tengah mendapat pengawasan aparat tetapi terlibat pada acara perpolitikan. “Tidak mewakili organisasi NU,” tegasnya.