Niat Maju di Pilkada 2020, JMS Siap Wujudkan Bulukumba Kabupaten Layak Pemuda

Hari Pancasila, Begini Maknanya di Mata Waketum AMPI JMS

Terkini.id,Makassar Nama Wakil Ketua Umum DPP AMPI, Jamaluddin M Syamsir atau akrab disebut JMS santer disebut bakal bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bulukumba 2020 mendatang.

Mantan Mantan Ketua KNPI Sulsel ini berkeinginan menjadikan Bulukumba sebagai Kabupaten Layak Pemuda. Hal tersebut disampaikan pria kelahiran Sumalaya, Kajang ini di salah satu Warkop di Bulukumba, Selasa 20 Agustus 2019.

Menurut Jamal, jika dirinya diberi amanah untuk memimpin Bulukumba, maka sebagai mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Selatan, dirinya tentu memiliki tanggungjawab moral untuk mewujudkan Bulukumba sebagai Kabupaten layak pemuda yang nantinya mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

“Mewujudkan Bulukumba sebagai Kabupaten Layak Pemuda, mesti didukung dengan komitmen, kerja keras dan keseriusan dari Pemerintah Daerah (Pemda) itu sendiri dalam upaya memenuhi beberapa prasyarat yang dibutuhkan,” ujarnya.

Staf Ahli Kemensos RI ini mencontohkan sejumlah prasyarat yang harus dipenuhi. Beberapa diantaranya seperti ketersediaan regulasi, yakni harus ada Peraturan Daerah (Perda) tentang Kepemudaan. Begitupun Pemda harus menyediakan infrastruktur, yakni wadah dan atau ruang sebagai tempat ekspresi dan pengembangan kreasi dari para Pemuda.

“Demikian pula Pemda harus memberi support dan dukungan atas penguatan kelembagaan atau organisasi. Selain itu, Pemda juga mesti memberikan kebijakan stimulan yang dapat mendorong kemandirian pemuda, misalnya melalui pemberdayaan perekonomian sektor rill (UMKMK) yang banyak dikelola oleh kelompok pemuda,” lanjutnya.

Demi mewujudkan niat tersebut tentu didukung dengan pengalaman kepemimpinan yang dimiliki bakal calon Bupati Bulukumba ini. Bahkan ia sangat yakin, Bulukumba akan ia jadikan sebagai kabupaten Layak Pemuda.

“Saya yakin, dengan komitmen dan keseriusan, Bulukumba pasti bisa kita dorong sebagai Kabupaten Layak pemuda,” kata JMS dengan nada optimis.

Lebih jauh, JMS mengungkapkan, bahwa perwajahan masa depan suatu daerah sangat terletak dari produktifitas anak-anak muda. Maka pemberdayaan dan mewujudkan kemandirian Pemuda tentu menjadi tugas mulia untuk melihat masa depan suatu daerah yang maju dan sejahtera.

“Mengurusi anak muda, tentu kita sedang bekerja mempersiapkan masa depan daerah yang lebih baik dimasa-masa yang akan datang,” tegasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

Teater Kondobuleng Terbang Menuju PTN

Terkini.id,Makassar - Tim Teater Rakyat Kondobuleng dari Sanggar Seni Tradisional Ilologading Paropo Makassar, terbang dengan pesawat Batik ke Samarinda menuju Pertemuan Teater Nasional (PTN)