Masuk

Ogah Disamakan dengan Bahar Smith, Eggi Sudjana: Beda Urusan Saya dengan Habib Bahar

Komentar

Terkini.id, JakartaAnggota tim pembela ulama dan Aktivis, Eggi Sudjana menolak adanya tudingan penyebaran ujaran kebencian terhadap KSAD Jenderal Dudung.

Dalam acara yang disiarkan di televisi, Eggi mengaku bingung mengapa dirinya bisa ikut dilaporkan bersama Habib Bahar bin Smith.

Ia mengklaim ucapannya hanya merupakan sebuah reaksi dari apa yang disampaikan oleh mantan Pangkostrad TNI AD tersebut.

Baca Juga: Heboh, Video Habib Bahar bin Smith Merokok di Atas Ranjang Rumah Sakit

“Saya kan ngomong begitu karena Kang Dudung ngomong duluan begitu. Kalau Kang Dudung enggak ngomong, enggak mungkin saya ngomong, adapun soal viral juga bukan ukuran hukum,” kata Eggi Sudjana, dalam Catatan Demokrasi tvOne, Selasa 21 Desember 2021.

Sementara itu, ia juga mengaku enggan disetarakan dengan Bahar Smith di dalam laporan tersebut. Sebab, menurutnya masalah ia dengan masalah Bahar Smith merupakan hal yang berbeda.

“Kenapa cuma saya yang dilaporkan dengan Habib Bahar? Walaupun di surat laporan itu saya tak sependapat dengan disetarakan dengan Habib Bahar, karena beda urusan saya dengan Habib Bahar,” ujarnya.

Baca Juga: Habib Bahar Bin Smith Kembali Ungkit Kasus Brigadir J dan KM 50

Diwartakan sebelumnya, pada kesempatan yang sama, Eggi yang berhadapan dengan Husin Shihab langsung menanyakan legal standing pelaporannya.

“Sehingga dipertanyakan, apa motivasi membuat laporan itu. Apakah justru ini yang mendatangkan kegaduhan?  Karena setelah saya ngomong itu nggak ada masyarakat yang gaduh, biasa-biasa aja,” tutur Eggi.

Ia bahkan menyebut, jika dirinya mengganggap Dudung sebagai saudara, bukan musuh atau sebagainya. Selain itu, Eggi mengatakan bahwa Dudung berasal dari suku yang sama dengannya yakni suku Sunda.

“Karena yang saya juga mendengar dan membaca, melihat apa yang disampaikan saudaraku. Jangan lupa Dudung itu saudaraku, bukan musuh, bukan apa. Bahkan, kalau konteksnya sama-sama orang Sunda,” ucapnya.