Sepanjang Pantai Bira Bulukumba Bebas Sampah Plastik, Begini Asal Mulanya

Pantai Bira Bulukumba
Pantai Bira Bulukumba

Terkini.id, Bulukumba – Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam beberapa tahun terakhir fokus dalam mengelola kebersihan, khususnya tempat wisata untuk membuat pengunjung yang datang berlibur merasa betah dan nyaman.

Pantai Bira salah satu tempat wisata yang marak di kunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah, selain itu beberapa wisatawan asing juga sering berkunjung ketempat ini.

Pantai Bira sendiri dikelola oleh pemerintah Kabupaten Bulukumba.
Terlihat di sepanjang Pantai bebas dari tumpukan sampah, baik berupa patahan kayu, balok, maupun dari serakan sampah plastik.

Hal itu dibenarkan oleh Bupati Bulukumba, AM Sukri AS. Selama ini dia mengupayakan untuk menghilangkan sampah plastik yang seringkali merusak pemandangan dan mencemari laut.

“Pantai harus di jaga untuk memperlihatkan pesonanya,” ungkapnya.

“Makanya setiap pagi sudah ada petugas yang setiap pagi menyisir laut untuk membersihkan laut dari sampah plastik,” tambahnya saat ditemui usai meresmikan gerakan Bira bebas sampah plastik, Rabu 27 Februari 2019.

Harapan warga

Babatu, warga setempat yang pekerjaan sehari-harinya berjualan eceran di pinggir Pantai Bira menuturkan, setiap pagi petugas kebersihan berjalan di sepanjang pantai memungut sampah plastik.

“Sekarang sudah enak, pemerintah sudah menyediakan truk sampah, jadi sampah tidak lagi bertumpuk seperti dulu,” ujarnya.

Dia menuturkan sampah kiriman banyak bertumpuk dan berserakan di sepanjang pantai ketika memasuki musim barat.

“Sekarang sudah masuk musim barat, tapi anginnya tidak terlalu kencang,” kata Babatu.

“Makanya tidak terlalu kewalahan membersihkan sampah,” sambungnya.

Dia menambahkan kalau sampah-sampah yang datang ketika musim barat biasanya berupa patahan kayu, balok dan sebagian besar sampah plastik.

Babatu pun berharap kalau pemerintah dalam waktu dekat mengadakan bank sampah, seperti yang marak dibicarakan di berbagai media.

“Sepertinya bagus kalau pemerintah punya inisiatif untuk membangun bank sampah, jadi di samping untuk menumbuhkan kesadaran warga, juga melatih untuk hidup bersih,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini