Masuk

Pemanah Rusia Pingsan di Olimpiade Tokyo, Ada Apa?

Komentar

Terkini.id, Tokyo – Pemanah Rusia pingsan di Olimpiade Tokyo, ada apa? Lantaran gelombang panas yang menyengat terik di Kota Tokyo, Jepang, pemanah asal Rusia, Svetlana Gomboeva, dilaporkan pingsan di tengah kompetisi Olimpiade Tokyo 2020.

Melansir dari laman Sun Sport via rri.co.id, Sabtu 24 Juli 21, Svetlana Gomboeva pingsan selama babak kualifikasi cabang olahraga panahan di Olimpiade Tokyo 2020 yang berlangsung Jumat 23 Juli 2021 siang waktu setempat.

Atlet Rusia berusia 23 tahun itu diketahui sedang memeriksa skor akhirnya sebelum pingsan karena gegara tidak kuat menahan cuaca panas hingga 33 derajat Celsius.

Pemanah asal Rusia, Svetlana Gomboeva, dilaporkan pingsan di tengah kompetisi Olimpiade Tokyo 2020. (Istimewa)
Baca Juga: Sering Terlibat Pertikaian, Mantan Kepala Desa di NTT Remas Kemaluan Suami 2 Kali Hingga Pingsan

Rekan satu tim dan petugas medis pun langsung membantu memberikan pertolongan pertama, dengan Gomboeva ditandu keluar dari arena kualifikasi.

Gomboeva bahkan sempat mendapatkan perawatan dengan kantong es untuk mendinginkan suhu tubuhnya. Tidak lama kemudian, ia pun kembali sadar.

Kini ia dikabarkan sudah pulih dengan baik. Peraih medali emas Piala Dunia Panahan 2021 itu juga siap bersaing di nomor individu dan tim Rusia dalam Olimpiade Tokyo ini.

Baca Juga: Miris, Seorang Nenek Hampir Pingsan Rebutan Minyak Goreng Murah, Netizen Sindir Jokowi: Gas Jadi Presiden Seumur Hidup!

Pada sesi kualifikasi hari ini, Sabtu 24 Juli 2021, Gomboeva sebelum pingsan sudah berhasil lolos dengan menempati urutan ke-45 dari 64 pemanah di nomor putri.

Olimpiade Tokyo 2020 digelar pada 23 Juli hingga 8 Agustus. Gelaran olahraga dari berbagai cabang ini merupakan puncak musim panas di Negeri Sakura. Ancaman gelombang panas juga bisa jadi hal yang tidak bisa dihindari.

Dalam sesi kualifikasi cabang olahraga (cabor) panahan, tampak pelatih dan staf memilih berteduh di bawah pohon untuk menghindari terpapar panas matahari yang menyengat.

Komite Olimpiade Rusia (ROC) juga mengonfirmasi kejadian ini dengan membenarkan, gelombang panas di Tokyo kali ini lebih parah dari yang terjadi di negaranya.

Baca Juga: Pingsan di Atas Pohon Randu Setinggi 10 Meter, Pemuda Asal Blitar Mengaku Kelelahan

“Kami berharap dia (Gomboeva) akan baik-baik saja. Ternyata dia tidak tahan seharian di panas terik,” demikian bunyi pernyataan resmi ROC dilansir dari laman resmi mereka, 24 Juli 2021.

Pemanah asal Rusia, Svetlana Gomboeva, dilaporkan pingsan di tengah kompetisi Olimpiade Tokyo 2020. (Istimewa)

“Ini pertama kalinya saya mengingat kejadian ini. Di Vladivostok, tempat kami berlatih sebelumnya, cuacanya juga serupa. Tapi di sini kelembaban sangat tinggi,” imbuh ROC.

Gomboeva sendiri termasuk di antara 335 atlet Rusia yang akan bertanding di Olimpiade tanpa nama negara, bendera, dan lagu kebangsaan karena negara Beruang Merah tersandung skandal doping pada 2015 silam.

Skandal ini menyebabkan ratusan atlet Rusia tidak akan berkompetisi dengan nama Rusia tetapi ROC atau komite yang mengirimkan mereka secara resmi ke Tokyo.

Tanpa nama dan bendera Rusia, para atlet akan bertanding dengan kostum netral dan bendera ROC, yaitu logo tiga nyala api di atas cincin Olimpiade.