Pembukaan MTQ Ke 47 Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Bulukumba Meriah dan Khidmat

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Camat Gantarang, Staf Ahli Bupati dan Kepala Kantor Kementerian Agama Bulukumba

Terkini.id, Bulukumba — Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 47 tahun 2020 tingkat Kabupaten Bulukumba berlangsung meriah, khidmat dan semarak dibuka oleh Bupati Bulukumba yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj. Darmawati di lapangan Sulthan Dg. Radja, Ponre Kelurahan Matekko, Kecamatan Gantarang pada Senin malam, 24 Februari 2020.

Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke 47 tingkat Kabupaten Bulukumba ini berlangsung selama lima hari yakni dari tanggal 24 sampai dengan tanggal 28 Februari 2020.

MTQ pada kali ini memperlombahkan 8 Cabang Kategori Lomba yaitu tilawah Anak-Anak, Remaja, Dewasa, Hafidz 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz, MSQ, Cerdas Cermat Qur’an, Qiraah Mujawwad, Murattal Mujawad Remaja dan Dewasa, Kaligrafi Naskah, Dekorasi, kontenporer, hiasan mushaf, dan Qasidah rebana, serta Tartil tingkat anak-kanak.

Sebelum Acara pembukaan MTQ 47 dimulai diawali dengan defile dari sepuluh Kecamatan peserta lomba MTQ dengan masing masing membawa motto Kecamatannya.

Acara Pembukaan MTQ 47 ini ditandai penyerahan piala bergilir dari juara umum MTQ ke 46 dari Camat Bulukumpa Drs. Muh. Salman Z Patongai kepada Staf Ahli Bupati Hj. Darmawati didampingi Kepala Kemenag H. Ali Yafid, selanjutnya piala bergilir tersebut diserahkan kepada Gantarang Andi Uke Permatasari untuk kembali diperebutkan.

Baca juga:

Turut hadir pada pembukaan MTQ 47 Forkopimda, Anggota DPRD Bulukumba Andi Soraya, Ketua TP. PKK Siti Isniyah, Asisten Administrasi A. Misba A. Wawo, Para Kepala OPD, Para Kabag, para Camat, Kepala KUA, Pimpinan Organisasi Perempuan, Hj. A. Sumrah, Tokoh masyarakat Hj. Andi Hartatiah AS, tokoh agama, majelis taklim, Komunitas Pejuang Subuh dan Biker Muslim Bulukumba serta undangan lainnya.

Bupati Bulukumba melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj. Darmawati dalam sambutannya mengajak agar menjadikan momentum kegiatan MTQ ini untuk membangkitkan nilai nilai spriritual agar mendapatkan berkah, rahmat dan kasih sayang serta lindungan Allah SWT.

“Melalui MTQ ini, hendaknya kita jadikan sebagai media untuk membangun kesadaran ummat dalam memahami, mendalami dan mengamalkan ajaran agama berdasarkan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah Rasullullah SAW, dan kita harapkan momen ini tidak sebatas rutinis seremoni belaka,” pesan Bupati.

Disampaikan pula, bahwa potensi yang telah terbangun dalam penerapan kerangka nilai spiritual keagamaan, akan mampu dimanfaatkan sebagai kekuatan untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dalam menciptakan gerak dan langkah pembangunan yang semakin maju dan berkualitas.

Staf Ahli Hj. Darmawati yang mewakili Bupati Bulukumba juga mengajak memanfaatkan momentum MTQ ini untuk melahirkan generasi yang berkualitas dan mencapai prestasi yang baik dan terhormat sebagai indikator keberhasilan.

”Saya minta kepada seluruh penanggung jawab perhelatan MTQ ini, agar serius mengusung misi mencapai prestasi terbaik pada event MTQ ke tingkat Provinsi Sulawesi selatan yang akan datang, karena momentum MTQ tingkat Kabupaten ini harus menjadi titik tolak ukur menghasilkan duta atau wakil Kabupaten Bulukumba pada event yang lebih tinggi,” pesan Bupati Andi Sukri disampaikan Staf Ahli Hj. Darmawati, sambil menyampaikan selamat berlomba meraih prestasi yang gemilang.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Bulukumba menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Camat Gantarang dan Lurah Matekko selaku tuan rumah, yang telah menunjukkan kemampuannya selaku tuan rumah yang baik, dibuktikan dengan kemeriahaan pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Bulukumba, dengan panggung tilawah yang sangat artistitk mirip dengan bangunan mesjid ICDT.

Dalam acara pembukaan MTQ 47 ini pula Kepala Kementerian Agama Bulukumba H. Ali Yafid melantik Dewan Juri yang akan menilai menentukan siapa yang terbaik dan akan menjadi juara pada MTQ tahun ini untuk mewakili Kabupaten Bulukumba pada MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pangkep. (rr)

Komentar

Rekomendasi

DPC PKB Kabupaten Bone Minta Pemda Perhatikan Pendidikan Pondok Pesantren Ditengah Wacana New Normal

Peduli Masyarakat Kecil Terdampak Pandemi Covid-19, Lembaga Metamorfosis Bersama Tump Clothing Bagikan Sembako dan Masker.

Mangatas Tambunan, Capai Angka 203 Jenasah Terduga Covid-19 Ini Warning

BBKSDA Sulsel Gelar Webinar Meretas Jalan Satwa Liar Kembali ke Alam Dimasa Pandemi

Cek Fakta, Sempat Viral di Medsos Ini Akhirnya

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar