Pemerintah Desa Mattiro Uleng Serap Aspirasi Warga lewat Sekar Desa

YASMIB Sulawesi melalui “Program Desa Melek Anggaran untuk Pembangunan Desa yang Inklusif dan Responsif Gender” kerjasama Seknas FITRA dan KOMPAK atas dukungan DFAT Australia melaksanakan Sekolah Anggaran Desa (Sekar Desa) Penguatan Bagi BPD terkait “Finalisasi Peraturan Tata Tertib dan Rencana Kerja BPD” di Kantor Desa Mattiro Uleng, Sabtu 31 Agustus 2019

Terkini.id, Pangkep – Kepala Desa Mattiro Uleng Lukman mengatakan, arah kerja BPD akan lebih baik dengan adanya tata tertib (Tatib) dan rencana kerja (Renja).

“Harapannya, BPD bisa bekerjasama dengan pemerintah desa untuk mewujudkan desa yang mandiri,” kata Lukman, dalam Sekolah Anggaran Desa (Sekar Desa), Sabtu 31 Agustus 2019.

Wakil Ketua BPD Ahmadi, dengan Tatib dan Renja ini akan mempertegas kinerja BPD lebih baik lagi ke depan. Penguatan – penguatan bagi BPD sangat diperlukan sehingga dengan terpenuhinya SDM dari BPD arah kinerja sebagai mitra pemerintah desa akan lebih baik pula.

Masita Syam selaku fasilitator mengatakan, Tatib ini adalah aturan yang akan mengikat dan mempertegas tugas dan fungsi BPD di desa. Renja BPD ini hasil dari diskusi BPD dan kepala desa pada Sekar Desa sebelumnya di Matampa Inn.

Tata tertib ini sangat menarik karena masyarakat bisa mengawasi kinerja BPD. Ketika ada salah satu Anggota BPD yang melanggar aturan. Masyarakat bisa mengusulkan kepada pimpinan atau Anggota BPD bahwa salah satu anggota melanggar aturan tatib.

Selanjutnya sesi pembahasan rencana kerja, ada 12 poin umum rencana kerja yang sudah disusun langsung oleh Ketua BPD beserta Anggota BPD dan Pemerintah Desa pada kegiatan sebelumnya di Matampa Inn.

Sesi terakhir pembentukan posko atau rumah aspirasi BPD. Posko aspirasi dibentuk sesuai dengan kondisi di desa yaitu tiga posko/rumah aspirasi sesuai dengan pulau atau dusun yang ada di Desa Mattiro Uleng. Posko aspirasi di Dusun Utara, Dusun Selatan dan Pulau Bangko – bangkoang yang memiliki sekretariat.

Pada kegiatan ini melahirkan rekomendasi , Musyawarah Desa untuk menetapkan peraturan tata tertib dan rencana kerja BPD. Serta penerbitan SK untuk pengurus posko aspirasi masyarakat.

YASMIB Sulawesi melalui “Program Desa Melek Anggaran untuk  Pembangunan Desa yang Inklusif dan Responsif Gender” kerjasama Seknas FITRA dan KOMPAK atas dukungan DFAT Australia melaksanakan Sekolah Anggaran Desa (Sekar Desa) Penguatan Bagi BPD terkait “Finalisasi Peraturan Tata Tertib dan Rencana Kerja BPD” di Kantor Desa Mattiro Uleng, tanggal 31 Agustus 2019.

Sekar Desa

Sekar Desa bertujuan untuk mendapatkan masukan dalam penyusunan draft peraturan tata tertib BPD dan untuk mendapatkan masukan dalam penyusunan rencana kerja BPD serta adanya posko aspirasi Badan Permusyarawatan Desa (BPD) Mattiro Uleng.

Adapun output-nya adanya draft peraturan tata tertib badan permusyarawatan desa (BPD) dan adanya rumusan rencana kerja badan permusyarawatan desa (BPD).

Sekolah Anggaran Desa (Sekar Desa) penguatan bagi BPD terkait finalisasi peraturan Tata Tertib dan Rencana Kerja BPD dibuka oleh Fasilitator.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama membahas tata tertib (tatib) BPD dan sesi kedua pembahasan mengenai rencana kerja (renja) BPD serta diakhir sesi pembentukan posko aspirasi BPD Desa Mattiro Uleng.

Berita Terkait
Komentar
Terkini