Masuk

Pemkot Makassar Target Zero Stunting 2024 Namun Data Amburadul

Komentar

Terkini.id, Makassar – Data Stunting di Kota Makassar masih amburadul. Puskesmas belum melakukan klasifikasi soal anak yang masuk kategori gizi kurang dan yang betul-betul stunting. 

Selain itu, masih ada problem dalam integrasi data di tingkat kelurahan. Kondisi ini berpotensi membuat pelayanan tidak efektif.

Padahal, Pemerintah Kota Makassar menargetkan angka stunting bisa mencapai zero atau nol pada tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Kalla Toyota Puppet Show Gaungkan Makassar Kota Makan Enak, Walikota Danny: Kolaborasi Kemajuan Kota

Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi mengakui kondisi ini. Padahal SK Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) ini sudah diterima oleh lurah. Dia meminta lurah lebih progresif dan serius menangani masalah ini.

“Harusnya kan mereka tahu kerjanya apa, kalau menurut saya, dari awal data memang itu banyak yang nda sinkron,” ujar Fatma, Selasa, 22 November 2022.

Fatma mengatakan dari fakta yang didapatkan di lapangan, temuan di Puskesmas belum ada klasifikasi anak yang masuk kategori gizi kurang dan betul-betul stunting.

Baca Juga: Pemkot Makassar Soal Tiga Proyek Besar Gagal Lelang: Kita Akan Ajukan Ulang

Namun, kata dia, perlahan dilakukan perbaikan. Meski amburadul, Makassar masih menjadi daerah dengan tingkat stunting terendah di Sulsel.

Fatma mengatakan, target zero stunting seyogyanya menjadi misi utama hingga 2024 mendatang. Ia berharap angka stunting yang dilaporkan masih berada di angka 5 persen ini bisa zero lebih cepat di 2023 mendatang.