Pemprov Sulsel Akan Terapkan E-Katalog, Begini Manfaatnya

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah. /Nasruddin

Terkini.id — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel akan menerapkan sistem Elektronik Katalog (E-Katalog). Seluruh kegiatan dan program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan dimasukkan e-Katalog.

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah menjelaskan, penerapan sistem e-katalog dinilai mampu mempercepat roda pembangunan di Sulsel, sebab penggunaan anggaran dalam melaksanakan kegiatan dan program OPD bisa cepat terealisasi, karena tidak lagi melalui proses tender.

“E-katalog jauh lebih cepat. Misalnya, begitu ada jalan berlubang itu tidak perlu menunggu proses tender karena prosesnya panjang, tinggal di e-katalog kan aspalnya, e-katalog alatnya, pekerjanya dan lain-lain, jalan berlubang tersebut bisa segera ditambal,” ungkap Nurdin Abdullah, di Makassar, Rabu 2 Januari 2018.

Nurdin menambahkan, pihaknya akan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menyusun sistem e-katalog agar lebih transparan dan mencegah penyalahgunaan anggaran.

“Jadi nantinya kita akan menggandeng KPK untuk sama-sama menyusun e-katalog agar lebih transparan,” ujarnya.

Baca juga:

Selain itu, Nurdin menginginkan seluruh kegiatan sebelum dilelang, harus manfaatkan inspektorat sebagai lembaga untuk mereview perencanaan.

Hal itu untuk mendeteksi lebih awal apakah ada mark-up atau yang mau disempurnakan.

Lebih lanjut, Nurdin menyinggung persoalan moral, diharapkan ASN untuk menjaga marwah Pemerintahan. Ini juga untuk menghargai pemerintahan sebelumnya yang sekian tahun betul-betul menjaga dengan baik. Sehingga, Nurdin mendorong pemberantasan korupsi dan kerja profesional menjalankan sesuai aturan yang ada.

Demikian juga untuk pelaksanaan lelang berharap, dilakukan dengan bersih dan profesional. Beberapa daerah menjadi contoh yang baik dan tidak bermasalah.

“Walaupun kita tidak paham kita punya tempat untuk berkonsultasi. Misalnya ke BPKP dan TP4D, supaya kita tidak salah langkah,” pungkasnya.

Komentar

Rekomendasi

Pemprov Sulsel Minta Maaf Karena Jenasah PDP Negatif Covid-19 Dimakamkan Sesuai Protokol

60 Persen Peserta Wisata Covid-19 di Sulsel Dipulangkan

Gubernur Sulsel Bersyukur Bisa Salat Jumat Perdana dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Insentif Ojol Ditiadakan, Gojek: Kami Juga Rasakan Dampak Covid-19

Wakil Gubernur Sulsel Kunjungi Korban Kebakaran di Kelurahan Maccini Parang Makassar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar