Peneliti Top Australia Temukan Adanya Keanehan di Virus Corona

Peneliti top asal Australia Profesor Nikolai Petrovsky temukan keanehan di virus corona. (Foto: ABC News)

Terkini.id, Jakarta – Peneliti top asal Australia Profesor Nikolai Petrovsky beserta timnya menemukan adanya keanehan di virus corona yakni bahwa virus tersebut secara unik bisa beradaptasi untuk menginfeksi manusia.

Berdasarkan temuannya itu, ia pun meminta adanya penyelidikan khusus terhadap asal muasal sebenarnya Covid-19.

Profesor Nikolai Petrovsky yang memimpin tim itu mengungkapkan bahwa Corona bukan infeksi penyakit dari hewan ke manusia (zoonotic) biasa karena virus ini tampaknya punya kemampuan luar biasa untuk menginfeksi tubuh manusia sejak hari pertama.

Nikolai mengatakan bahwa ada kemungkinan virus corona menular dari hewan lewat peristiwa alam yang menurutnya ganjil.

Namun, akademisi dari Flinders University ini juga mengungkapkan kemungkinan lain bahwa virus itu bocor dari laboratorium.

Menarik untuk Anda:

“Saya tidak pernah melihat virus zoonotic yang bertingkah seperti ini sebelumnya,” ujar Profesor Nikolai seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu, 24 Mei 2020.

Diketahui, Profesor Nikolai beserta timnya saat ini juga tengah berusaha membuat anti virus alias vaksin Covid-19.

Ia menyebut, virus baru yang melompat dari hewan biasanya menguat untuk beradaptasi di manusia. Namun, untuk alasan yang belum diketahui, Corona malah beradaptasi sempurna saat menginfeksi manusia, tanpa perlu berkembang lagi.

Kendati demikian, ia tetap tak menafikkan adanya faktor kebetulan bahwa virus Covid-19 ada hubungannya dengan laboratorium di Wuhan, kota asal mula wabah Corona.

Nikolai mengatakan, kemungkinan kebocoran di laboratorium tersebut meski sekecil apapun tak boleh diabaikan.

“Implikasinya mungkin tidak bagus buat ilmuwan atau politik global, tapi hanya karena jawabannya mungkin menimbulkan masalah, kita tidak bisa melarikan diri darinya,” ujar Profesor Nikolai.

“Saat ini memang tidak ada bukti sebuah kebocoran tapi ada cukup data yang mencemaskan kami. Hal itu tetap merupakan sebuah kemungkinan sampai betul-betul terbukti,” tandasnya.

Sebelumnya, Pemerintah China maupun ilmuwan dari Wuhan Institute of Virology sudah berulangkali membantah bahwa Corona merupakan virus buatan manusia atau virus itu bocor dari laboratorium mereka.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Hebat! Bayi Ini Lahir Sambil Pegang Spiral Pencegah Kehamilan Ibunya

Jarang Pakai Masker dan Anggap Remeh Virus Covid-19, Kini Presiden Brasil Positif

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar