Makassar Terkini
Masuk

Sarankan AHY Tak Buru-Buru Nyapres, Pengamat Politik Ini Sebut Lebih Cocok Jadi Kopilot Anies Baswedan

Terkini.id, Jakarta – Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama, Ari Junaedi, menyarankan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY untuk tidak buru-buru mencalonkan diri sebagai presiden.

Ari Junaedi menilai AHY lebih cocok untuk menjadi calon wakil presiden atau cawapres terlebih dulu dalam Pilpres 2024 mendatang.

Ari menyarankan AHY lebih cocok menjadi cawapres bagi Anies Baswedan jika memang disokong oleh Nasdem bersama PKS dan Demokrat.

“Sangat masuk akal jika AHY memang harus bersabar dengan menjadi ‘kopilot’ dulu bersama Anies Baswedan jika memang jadi disorongkan Nasdem bersama Demokrat dan PKS,” ucap Ari yang dilansir dari Kompas.com, Rabu 3 Agustus 2022.

Lebih lanjut lagi Ari menuturkan, AHY masih kurang pengalaman untuk maju sebagai capres. Karena menurut Ari, AHY belum pernah menjadi pejabat publik layaknya Anies yang menjadi Gubernur DKI Jakarta.

“Kekurangan AHY adalah minimnya dia di pemerintahan,” lanjut Ari.

Namun disamping itu Ari menambahkan, AHY adalah seorang figur yang memang pantas  bersaing dalam kontestasi politik negeri ini.

Sebagai anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga berlatar belakang sebagai mantan prajurit dinilai sebagai sebuah modal berharga.

“Serta jaringan Partai Demokrat yang besar sudah lebih dari cukup untuk menjadi aset politik yang dimiliki AHY,” tutur Ari.

Terkait hal tersebut Ari menuturkan, Partai Demokrat dan AHY elektabilitasnya membaik belakangan ini.

Walaupun belum bisa bersaing dengan tiga sosok dengan raihan survey terbanyak seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies, elektabilitas AHY lebih baik dibanding sejumlah tokoh lain.

“Yang jelas nama AHY di atas ketimbang Puan Maharani, Erick Thohir atau Cak Imin,” pungkas Ari.