Peringatan HKAN 2019, BBKSDA Sulsel Gelar Street Campaign

Terkini.id, Makassar – Konservasi alam bukan hanya untuk melestarikan lingkungan hidup, namun juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan konservasi.

Di tahun 2019 ini, Indonesia memperingati 11 tahun Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang jatuh setiap tanggal 10 Agustus.

Konservasi merupakan upaya pelestarian atau perlindungan, yaitu kegiatan yang dilakukan dalam upaya pelestarian lingkungan, dengan tetap mendapatkan manfaat yang berkelanjutan dan mempertahankan komponen-komponen alam yang ada.

Dengan kata lain konservasi dapat diartikan sebagai upaya yang dilakukan seseorang atau lembaga yang bertujuan untuk pelestarian alam. P

eringatan Hari Konservasi Alam Nasional tahun 2019 lingkup Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan mengusung tema “Spirit Konservasi Alam Milenial”.

Berdasarkan surat sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.S. 534/Setjen/Rouh/KSA.2/ 5/2019 tanggal 31 Mei 2019 tentang Sosialisasi dan Partisipasi Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2019.

Dengan peringatan ini tentunya juga sebagai upaya untuk memasyarakatkan konservasi alam secara nasional sebagai sikap hidup dan budaya bangsa.

Dalam peringatan ini diharapkan pengelolaan terhadap alam dan lingkungan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan manfaat dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya.

Spirit adalah semangat berkolaborasi untuk aksi.konservasi alam bersama para pihak mulai dari masyarakat umum, media, tokoh masyarakat, pemerhati, PT, LSM, Pemuda, Anak-anak, Perempuan, Pemda dan Swasta.

Semua pihak berperan dan berpartisipasi aktif dalam mempromosikan dan membudayakan komservasi alam dan keanekaragaman hayati.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan (BBKSDA Sulsel) merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mempunyai tugas penyelenggaraan konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya di kawasan konservasi Sulawesi selatan dan Sulawesi Barat.

Dalam rangka menyambut Hari HKAN 2019 ini atau Road to HKAN 2019, BBKSDA SULSEL melakukan aksi nyata dengan sejumlah kegiatan antara lain: (1) Promosi Deseminasi, Street Campaign, Bakti Konservasi “Donor Darah”, Pembagian Bibit Gratis (Free Seedings) tanggal 21 Mei 2019 di Anjungan Pantai Losari (2) Schoool Conservation Tanggal 24 Juli 2019 di SD Sudirman dan (3) Talk show “Konservasi Milenial”, Conservation Award, Penanaman Pohon Endemik dan Release Satwa secara simbolis Tanggal 25 Juli di Fort Roterdam Makassar.

Acara Street Campaign pada Minggu, 21 Juli 2019, pukul 06.00 WITA ini dilaksanakan dengan kerjasama semua UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lingkup Sulawesi Selatan seperti Pembagian Bibit (Free Seedings) dari BPTH, donor darah dari Balai Taman Nasional Bantimurung, simulasi penggunaan alat pemadam kebakaran dari Balai PPI, Penampilan Marching Band dari SMK Kehutanan serta partisipasi pemerintah Kota Makassar, Bank BRI dan pihak Swasta.

Kegiatan School Conservation dilaksanakan Rabu, 24 Juli 2019 dilaksanakan 08.00 WITA di SD Sudirman, Jalan Jend. Sudirman No.7 dengan peserta dari siswa SD berjumlah 200 Orang.

Kegiatan School Conservation ini diisi dengan penampilan Pantomin, Band Akustik, pembacaan puisi dan pengenalan satwa liar serta peragaan pemadaman api oleh Balai PPI.

Kegiatan Road to HKAN 2019 melibatkan para pihak swasta,.pemda, PT, LSM antara lain Pencinta Alam, Pramuka, UNHAS, Bank BRI, Perbakin, Club Air Mineral, Rumah Penyu, PT KIMA, PT Indofood, PT Maruku, Burung Indonesia, Gowa Discovery Park, Citra Satwa Celebes – Bontomarannu Education Park, Jalan-jalan Makassar, Rumah Hijau Dennasa, Bus Primadona, Klik Hijau.

Kegiatan yang akan digelar pada Kamis 25 Juli 2019 pukul 15.30 WITA akan dihadiri oleh Walikota Makassar Muh. Iqbal Suhaeb sekaligus menyerahkan penghargaan konservasi kepada tokoh-tokoh yang telah berkontribusi di Konservasi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Di acara Talkshow ini juga akan dimeriahkan dengan Pentas Seni dari SMK Kehutanan Makassar.

Berita Terkait
Komentar
Terkini