Peringati Hari Bumi, BBKSDA Sulsel Gelar Donor Darah dan Lomba Lintas Alam

BBKSDA Sulsel
Peringati Hari Bumi, BBKSDA Sulsel Gelar Donor Darah dan Lomba Lintas Alam

Terkini.id, Palopo – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Selatan (BBKSDA Sulsel), memperingati Hari Bumi dan Hari Konservasi Alam Nasional 2019 dengan berbagai kegiatan.

Beberapa kegiatan yang mewarnai yaitu penanaman pohon endemik, donor darah dan Lomba Lintas Alam di Taman Wisata Alam Nanggala III yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai Jumat hingga Minggu, 12-14 April 2019.

Apel pembukaan memilih halaman Pondok Kerja Resort Nanggala III, Jalan Poros Palopo-Rantepao Kecamatan Wara Barat Kelurahan Battang Barat Kota Palopo.

Wakil Wali Kota Palopo, Ir H Rahmat Basri Bandaso, memimpin Apel Pembukaan. Dua puluh lima Tim Lintas Alam dengan total 104 orang terdiri dari perwakilan instansi pemerintah, swasta, LSM, akademika dan KPA (Kelompok Pencinta Alam) ikut meramaikan dan berpartisipasi.

Ketua panitia Jaya Liu mengatakan, lomba lintas alam tapak anoa ke-9 ini adalah rangkaian kegiatan untuk menyambut Hari bumi pada tanggal 20 April 2019 dan HKAN 2019. Apel pembukaan ini adalah salah satu rangkaian kegiatan.

“Kami telah melaksanakan Kampanye konservasi atau Street Campaign di Lapangan Pancasila Kantor Walikota Palopo. Setelah apel kegiatan ini kami melaksanakan donor darah, kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi kepada peserta lintas alam,” tutup Jaya dalam apel pembukaan Tapak Anoa.

Sambutan Wakil Wali Kota Kota Palopo

Sementara itu, Wakil Wali Kota Kota Palopo Rahmat Basri Bandaso dalam sambutannya di depan para peserta dan undangan mengucapkan terima kasih kepada BBKSDA Sulsel.

“Terima kasih kepada Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan dan semua pihak yang terlibat di acara lintas alam sekaligus kampanye konservasi di Nanggala III ini,” ujarnya.

“Perlu kita ketahui, tugas menjaga kawasan hutan dan lingkungan hidup itu bukan hanya tugas dari Polisi Hutan (Polhut) tapi tugas kita semua, jika kawasan hutan kita rusak niscaya kota kita tercinta ini Kota Palopo tidak akan mengeluarkan air lagi. Karena sumber air kota kita dari kawasan hutan dan pegunungan disini,” sambungnya.

Wakil Wali Kota Palpo juga menyampaikan selamat mengikuti jalannya perlombaan kepada para peserta.

“Selamat mengikuti lomba untuk semua peserta sembari mengampanyekan konservasi agar kawasan hutan kita tetap lestari,” tutur Wawali yang dikenal peduli lingkungan ini.

Dalam rangkaian Apel pembukaan dan donor darah ini, Wakil Walikota Palopo bersama Camat Kecamatan Wara Barat, Dandim Kota Palopo, dan Kepala Balai BBKSDA Sulsel ikut berpartisipasi di kegiatan donor darah yang dilakukan PMI dan BBKSDA Sulsel.

Sebanyak 17 Kantong darah berhasil dikumpulkan dari aksi donor darah Tapak Anoa kali ini.

Kegiatan lintas alam Tapak Anoa dilaksanakan hari Minggu dengan jumlah peserta sebanyak 104 orang dan akan dilepas oleh Kepala Balai Besar KSDA Sulsel Ir Thomas Nifinluri MSi.

“Jelajah Nanggala III akan membangkitkan semangat peduli pada hutan dengan durasi tempuh kurang lebih 6 Jam perjalanan,” tutup Thomas, jebolan alumnus Fakultas Kehutanan Unhas 1987.

Berita Terkait
Komentar
Terkini