Peringatan HUT RI ke-75 di Bulukumba, Pengibar Bendera Hanya 3 Orang

Peringatan HUT RI ke-75 di Bulukumba/ ist

Terkini.id, Bulukumba – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 75 tahun 2020 tingkat Kabupaten Bulukumba dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bulukumba berlangsung hikmat, Senin, 17 Agustus 2020.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara semarak di Lapangan Pemuda, upacara HUT RI tahun ini dilaksanakan dengan jumlah peserta upacara yang terbatas.

Peserta upacara hanya beberapa orang saja mewakili institusi masing. Begitu pula untuk pengibar bendera merah putih, hanya 3 orang yang bertugas.

Namun demikian peringatan detik-detik Proklamasi 17 Agustus, tetap ditandai dengan suara sirene yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Bulukumba H. Rijal.

Tugas membaca naskah teks Proklamasi ini adalah yang pertama kalinya diemban oleh H. Rijal sejak terpilih dan dilantik sebagai Ketua DPRD Bulukumba tahun 2019 yang lalu.

Menarik untuk Anda:

Ia juga menjadi Inspektur Upacara pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Taccorong, pada Minggu malam 17 Agustus 2020.

Bupati AM Sukri Sappewali tampil sebagai Inspektur Upacara, dan Kasat Lantas Polres Bulukumba AKP I Made Suarma sebagai komandan upacara.

Sedangkan doa bersama dibacakan Kepala Kementerian Agama Dr. Ali Yafid. Tampak hadir pula Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto, anggota DPRD, para unsur Forkopimda, Sekda Andi Bau Amal, dan para Kepala OPD.

Adapun Ormas, OKP dan lembaga lainnya tidak diundang mengikuti upacara.

“Karena situasi Covid-19 dan sesuai edaran Mensesneg, rangkaian pelaksanaan HUT RI ke 75 ini dibatasi. Hanya beberapa acara inti yang dilaksanakan,” beber Asisten Administrasi Pemerintahan A Buyung Saputra selaku Ketua Panitia HUT RI ke 75.

Plt Sekwan ini mengungkapkan kegiatan inti hanya beberapa saja dengan menerapkan standar protokol kesehatan, yaitu renungan suci, upacara penaikan Bendera Merah Putih dan upacara penurunan bendera.

Adapun rangkaian kegiatan lainnya seperti tahun-tahun sebelumnya tidak dilaksanakan lagi, seperti Ziarah Ke TMP, kegiatan lomba, pengukuhan Paskibraka, dan resepsi kenegaraan.

“Acara yang berpotensi terjadi kerumunan orang tidak dilakukan. Upacara inti saja dibatasi undangan yang hadir. Selain unsur Pemda dan Forkominda, panitia hanya mengundang 2 orang perwakilan veteran,” beber A. Buyung.

Upacara HUT RI di tingkat kecamatan juga, tambah Buyung tidak dilaksanakan. Lima Camat diundang hadir pada upacara penaikan bendera dan 5 camat lainnya diundang pada upacara penurunan bendera sore nanti.

Meski dilaksanakan secara terbatas, namun ia berharap peringatan HUT RI ke 75 tahun ini, tidak mengurangi makna dari semangat nasionalisme dan kemerdekaan yang telah direbut dan dipertahankan para pahlawan kita yang telah gugur.

Adapun pengibar bendera HUT RI tahun 2020 adalah:
– Pembentang Bendera, Muh Rifky Alfi (SMAN 1 Bulukumba)
– Pengerek Bendera, Muh Akhdiyat (SMAN 1 Bulukumba)
– Pembawa Bendera,Futri Yuhari (SMAN 8 Bulukumba)

Setelah upacara penaikan bendera, bertempat di Ruang Pola, Bupati, Wakil Bupati bersama unsur Forkominda dan kepala OPD mengikuti secara virtual upacara Peringatan ke 75 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Peringati Sumpah Pemuda, Karang Taruna Bina Bangsa Desa Anrang Gelar Dialog Kepemudaan

Cara Bappeda Bulukumba Tanggulangi Kemiskinan Secara Terukur dan Tepat Sasaran

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar