Peringati Hari Keanekaragaman Hayati, Balai Besar KSDA Sulsel Lepas 8 Spesies Satwa

KSDA Sulsel
Peringati Hari Keanekaragaman Hayati, Balai Besar KSDA Sulsel Lepas 8 Spesies Satwa

Terkini.id, Makassar – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sulsel memperingati Hari Keanekaragaman Hayati 2019 dengan melepas satwa sebanyak 8 spesies.

Kedelapan spesies satwa tersebut yakni jenis Buaya Muara (Crocodylus Porosus), Monyet Dare (Macaca maura), Kakatua jambul Kuning (Cacatua sulphurea), Kring- kring bukit (Prioniturus platurus), Ular Sanca kembang (Python reticulatus), Kuskus Tembung (Strigocuscus celebensis), Kuskus Tanah (Phalanger gymnotis) Pleci/kacamata Makassar (Zosterops anomalus).

Menurut Thomas Niffiniluri selaku Kepala BBKSDA Sulsel bahwa pelaksanaan peringatan Hari Kehati 2019 ini dapat menjadi awalan yang baik bagi masyarakat.

“Hadirnya media atau insan pers peduli konservasi menjadi corong informasi terhadap dunia dalam kesertaan menjaga keanekaragaman hayati di Sulawesi,” ujar Thomas, Kamis, 23 Mei 2019.

“Semoga momen pelepas liaran satwa kembali ke habitatnya dapat di contoh semua masyarakat untuk dapat berpartisipasi lebih activ dan turut menjaga satwa satwa dilindungi dari ke punahan,” sambungnya.

Thomas: Keanekaragaman Hayati Indonesia penunjang sumber makanan dan kesehatan

Lanjut kata Thomas, beberapa satwa akan dilepas kemudian ditempat tempat tertentu yang jauh dan sesuai dengan habitat alam dan jenisnya

“Keanekaragaman Hayati Indonesia dalam menunjang sumber makanan dan kesehatan kita sehari-hari, sangatlah dibutuhkan,” ujarnya.

Untuk mengimplementasikannya, kata dia, Balai Besar KSDA Sulsel pada Rabu, 22 Mei 2019, kemarin mengadakan kegiatan bertemakan Our Biodiversity, Our Food, and Our Health.

Adapun kegiatan peringatan Hari Kehati 2019 yang dilaksanakan Balai KSDA di MaxOne Hotel dihadiri Dr Muh Haryono MSi selaku Kasubid Sumber Daya Genetik Direktorat Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK.

Berbagai kegiatan dilaksanakan pada peringatan tersebut antara lain Launching New OME, Talk Show Konservasi, Pelepasan Satwa, Penanaman Tumbuhan Langka dan Street Campaign dan pemberian piagam penghargaan terhadap masyarakat atau pegiat Konservasi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini