Bekali Staf dengan Pengetahuan Bencana, BBKSDA Sulsel Gelar Latihan Evakuasi

BBKSDA Sulsel
Bekali Staf dengan Pengetahuan Bencana, BBKSDA Sulsel Gelar Latihan Evakuasi

Terkini.id, Makassar – Berdasarkan Surat Edaran Sekretariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor SE. 7/Setjen/Roum/Set.0/3/2019 Tanggal 19 Maret 2019, Tentang latihan evakuasi mandiri bencana, Kantor BBKSDA Sulsel mengadakan latihan evakuasi mandiri bencana.

Tujuan kegiatan ini memberi bekal pengetahuan kepada pimpinan dan staf tentang latihan evakuasi saat terjadi bencana, cara evakuasi saat bencana kebakaran terjadi.

Bertempat di Kantor Balai Besar KSDA Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar, simulasi dipimpin Kepala Bagian Tata Usaha Ellyyana Said dengan melibatkan pimpinan dan staf yang berada di kantor.

Latihan evakuasi bencana kebakaran berjalan lancar tanpa kendala, sesuai protaf penanggulangan bencana mandiri.

Skenario diawali saat bencana kebakaran di area dapur yang disebabkan lalainya petugas cleaning servis. Melihat api yang berkobar diselimuti asap tebal, petugas panik dan meminta pertolongan.

Menarik untuk Anda:

Saat kondisi seluruh staf bekerja, begitu mendengar bunyi alarm sebagai tanda harus menyelamatkan diri, seluruh staf dengan sigap berlari berkumpul di titik kumpul sambil menunggu kondisi betul-betul aman.

Rasul sebagai Koordinator Polhut yang memahami langkah tanggap darurat saat terjadi bencana, dengan cepat mengambil sikap mengambil APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang telah disiapkan, dan memadamkan api dengan cepat.

Di hadapan Kepala Balai Besar KSDA dan semua staf lingkup BBKSDA Sulsel, Rasul mendemokan cara memadamkan api menggunakan APAR yang mudah dan praktis bisa dilakukan oleh siapa saja.

“Melalui simulasi ini, diharapkan dapat menjadi pelajaran untuk selalu waspada, agar terhindar dari bencana,” tegas Ellyyana Said.

Arahan Kepala Balai Besar KSDA Sulsel

Sementara itu, Kepala Balai Besar KSDA Sulsel Thomas Nifinluri dalam arahannya mengatakan, sebagai pegawai yang bekerja di gedung kantor harus sigap ketika ada bencana terjadi, bukan hanya bencana api tapi bencana lain seperti gempa.

“Kita semua berharap agar bencana seperti ini tidak akan terjadi, tapi dengan kesiapan dan latihan tentunya memberi pelajaran untuk selalu waspada. Karena semua bisa saja terjadi. Dan melalui simulasi hari ini, semua sudah paham. Harapan kita tidak akan terjadi,” kata Thomas.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Dekranasda Makassar Dorong Industri Kerajinan di Tengah Pandemi

Pendapatan Laba Perumda Air Minum Makassar Lampaui Target, Dewan Beri Jempol

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar