Perjuangan Johnny Andrean Merintis Usaha dari Salon Hingga J.Co Donut

Johnny Andrean dan Bisnis J.Co-nya. Sumber foto: J.Co Indonesia

Terkini.id, Makassar — Johnny Andrean pengusaha kelahiran Singkawang Kalimantan Barat. Merantau ke Jakarta di akhir tahun 1970-an. Ia merupakan anak seorang pedagang hasil bumi dan juga pengelola salon.

Segala bisnis Johnny Andrean dimulai dari nol. Johnny menjadi pendiri sekaligus yang menjalankan awal pembentukan usaha yang Ia rintis.

Bisnis awal Johnny Andrean adalah salon. Usaha salon dipilihnya dengan berbekal kemampuan memotong rambut yang diajarkan oleh ibunya. Kemampuan ini dimiliki sebelum merantau ke Jakarta.

Johnny memberanikan diri membuka salon pertama kali sekitar tahun 80-an, di bagian ujung Jakarta Utara. Gerai salonnya saat itu masih kecil. Semua dilakukan sendiri, termasuk melayani pelanggan.

Berkat kepiawaian-nya dalam menata rambut, banyak pelanggan yang memuji hasil tatanan rambutnya dan merasa puas. Ditambah dengan harga yang terjangkau, serta sikap Johnny yang selalu ramah terhadap pelanggannya.

Menarik untuk Anda:

Setelah bisnis salonnya berkembang, Ia mulai merekrut karyawan dan membuka cabang.

Salah satu Gerai Salon Johnny Andrean. Sumber foto: Grand-indonesia.com

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa tidak mudah mempertahankan usaha salon yang saat itu sedang marak dibuka dimana-mana.

Bisnis salon Johnny Andrean terkena imbas dari kerusuhan pada tahun 1998. Banyak cabang atau gerai salonnya menjadi ‘korban’ penjarahan dan dirusak oleh massa pada saat itu. Akibatnya, Ia menanggung kerugian yang cukup besar.

Namun, hal tersebut tidak serta merta membuat Johnny patah semangat. Masa-masa sulit itu Ia hadapi dengan tetap optimistis. Johnny memulai kembali usaha salonnya dari nol.

Berkat rasa optimis dan semangatnya, akhirnya Johnny membuktikan hal tersebut dengan terus berkembangnya bisnis salon yang Ia rintis. Hingga tersebar dan membuka cabang di berbagai wilayah di Indonesia.

Melebarkan Sepak Terjang Dengan Memulai Bisnis Kuliner Dari Nol

Johnny Andrean dan Bisnis J.Co-nya. Sumber foto: J.Co Indonesia

Setelah sukses dengan jaringan bisnis salon dan sekolah hair stylish-nya, Johnny Andrean kemudian mencoba mengembangkan kemampuan bisnisnya di bidang lain yaitu food and beverage.

Awal tahun 2003, Johnny membeli hak waralaba toko roti Breadtalk untuk dijual di Indonesia. Ia mendesain gerai serta mengonsep penjualan yang dapat membuat toko roti tersebut menarik perhatian dan memancing konsumen untuk berkunjung.

Salah satu gerai J.Co Donuts & Coffee di Indonesia.

Berbekal dari hobinya yang senang wisata dan mencicipi donut saat melakukan perjalanan bisnis ke Amerika Serikat, akhirnya Ia terpikir untuk membuka usaha donut di Indonesia.

Sumber Foto J.Co Indonesia
Sumber Foto J.Co Indonesia

Setelah tiga tahun terjun sendiri untuk melakukan berbagai riset dan keilmuan di bidang pembuatan roti, membuat konsep hingga logo, akhirnya Johnny Andrean memutuskan untuk membuka J.Co Donuts & Coffee dengan gerai pertama pada tahun 2005.

J.Co Donuts.
J.Co Donuts. Sumber foto: J.Co Indonesia

Usaha kuliner tersebut pun tidak serta merta langsung dapat menuai kesuksesan seperti saat ini. Justru Johnny beranggapan bahwa mempertahankan suatu usaha jauh lebih sulit ketimbang memulainya.

Sumber instagram my_foodiejourney
Sumber Foto Instagram @my_foodiejourney

Sampai saat ini masih banyak yang mengira bahwa J.Co merupakan toko roti yang berasal dari luar Indonesia, namun faktanya J.Co Donuts & Coffee didirikan oleh penata rambut dan juga perantau asal Singkawang, Johnny Andrean.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Doyan Masakan Jepang dan Asia Timur? Buruan ke Hana Restaurant MYKO

Lomba Makan Cepat Pangsit Mie Palu Berlangsung Seru, Ini Juaranya

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar