Perlu Diketahui 8 Perawatan Gigi Ini Ditanggung BPJS Kesehatan

8 Layanan Perawatan Gigi ditanggung BPJS Kesehatan

Terkini.id, – Perawatan gigi merupakan salah satu jaminan kesehatan bagi warga yang dijamin oleh BPJS Kesehatan selain pengobatan untuk penyakit lain.

Melakukan perawatan gigi tanpa BPJS pasti membutuhkan biaya yang besar karena membutuhkan perhatian khusus. Sebab gigi merupakan bagian mulut yang sangat berperan aktif dalam kegiatan sehari-hari, seperti mengunyah makanan dan menjadi bagian penting untuk penampilan wajah.

Oleh pemerintah melalui BPJS Kesehatan, warga memiliki jaminan untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang murah bahkan gratis.
Mungkin tidak semua orang tahu bahwa BPJS juga menjamin selain pengobatan gigi yang sakit juga untuk perawatan gigi.

Melalui peraturan BPJS Kesehatan dengan nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat 1 memuat aturan bahwa perawatan gigi yang dapat dijaminkan oleh BPJS Kesehatan adalah administrasi pelayanan.

Berikut beberapa pelayanan perawatan gigi yang ditanggung BPJS :

1. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis yang berhubungan dengan kesehatan gigi di rekanan BPJS seperti Klinik, Puskesmas dan Balai Kesehatan Gigi.

2. Pemberian obat yang dilakukan sebelum anesthesia atau pembiuasan untuk melakukan operasi.

3. Kegawatdaruratan oro-dental

4. Pencabutan untuk gigi sulung dan gigi permanen yang mudah dilakukan

5. Pengobatan pasca ekstraksi

6. Tambalan GIC, yaitu tambal gigi dengan menggunakan semen IC/Glaslonomer Cement.

7. Tumpat komposit yaitu tambal gigi komposit menggunakan bahan yang warnanya serupa, terbuat dari resin komposit dan proses pengerasaannya menggunakan sinar light cure.

8. Pembersihan karang gigi atau scaling.

BPJS juga memberikan layanan tambahan untuk perawatan gigi seperti pemasangan gigi palsu yang layanannya terbatas dalam bentuk subsidi.

Subsidi yang diberikan untuk pemasangan gigi palsu sebagai berikut :

– Pemasangan 1 hingga 8 gigi palsu mendapatkan subsidi sebesar Rp 250.000.- per rahang

– Pemasangan 1 rahang sekaligus mendapatkan subsidi sebesar Rp 500.000.-

– Pemasangan 2 rahang sekaligus mendapatkan subsidi sebesar Rp 1.000.000.-

Jika Anda membutuhkan layanan untuk perawatan gigi, hanya perlu mendatangi fasilitas kesehatan pertama (faskes) yang dipilih untuk mendapatkan layanan perawatan gigi berupa perawatan, pengobatan hingga konsultasi dokter. Jika tidak terdapat layanan untuk perawatan gigi makan akan memperoleh rujukan yang akan diberikan ke rumah sakit atau dokter spesialis gigi terdekat yang lebih lengkap.

Jika membutuhkan rujukan untuk perawatan lanjutan yang diberikan oleh dokter dari faskes pertama untuk mendatangi rumah sakit maka pastikan membawa surat rujukan, kartu indentitas serta kartu BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran sebelum pemeriksaan.

Pastikan juga setelah dilakukan pelayanan maka perlu menandatangani bukti pelayanan yang disediakan apabila sudah menerima pelayanan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bisnis

Fuso Kembali Pimpin Penjualan Truk di Sulselbar

Terkini.id, Makassar -- Pertumbuhan ekonomi yang signifikan di Sulawesi Selatan membuat bisnis penjualan kendaraan truk meningkat.General Manager Operation Officer PT Bosowa Berlian Motor (BBM),