Pertamina hingga Angkasa Pura Turunkan Harga Demi Tiket Pesawat Murah

bagasi lion air
Maskapai penerbangan Lion Air

Terkini.id, Jakarta – Setelah sebelumnya ramai karena tarifnya melambung tinggi, akhirnya diputuskan bahwa harga tiket penerbangan untuk domestik bisa turun.

Hanya saja, rupanya keputusan penurunan harga pesawat ini cuma berlaku untuk pesawat murah alias low cost carrier (LCC). Itupun, cuma turun di waktu tertentu.

Hal itu diputuskan pemerintah pada Kamis 20 Juni 2019 kemarin.

Pemerintah lewat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Perhubungan resmi memutuskan untuk menurunkan harga tiket pesawat pada maskapai low cost carrier (LCC/penerbangan murah) domestik.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, penurunan harga tiket berlaku bagi penerbangan pada jam tertentu dan tidak berlaku secara menyeluruh.

“Itu telah diambil kesimpulan dan merumuskan kebijakan penurunan harga tiket penerbangan dari LCC, tidak yang sudah level bukan LCC silakan saja,” kata Darmin di Kemenko Perekonomian.

Maskapai LCC seperti Lion Air, Citilink hingga Malindo akan kembali menyediakan tiket pesawat rute domestik dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.

Penyediaan tiket pesawat murah mengikuti syarat dan ketentuan yang telah disepakati, yakni pada jam tertentu.

Penurunan harga ini juga tidak berlaku bagi maskapai full service seperti Garuda dan Batik.

Untuk menurunkan harga tiket, perusahaan BUMN lain yang menjual komponen yang mendongkrak harga tiket pesawat akan menurunkan harga produknya.

“Seluruh pihak tadi pihak berkomitmen untuk sama-sama menurunkan biaya dan ini ‘sharing the pain’ sehingga tidak kemudian satu pihak saja. Karena satu pihak saja tidak bisa,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jakarta, Kamis 20 Juni 2019.

Sejumlah BUMN menurunkan komponen biaya yang terkait dengan tarif tiket pesawatseperti PT Pertamina (Persero) yang menurunkan harga avtur. Lalu ada PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II yang airport tax atau Passenger Service Charge (PSC) atausederhananya ongkos parkir pesawat dibandara.

Berita Terkait
Komentar
Terkini