Peserta Tablig di Gowa Rela Bubar, Presiden Jokowo Berterima Kasih

Terkini.id, Jakarta – Ijtima Dunia Zona Asia rencananya akan digelar hari ini di Gowa, Sulawesi Selatan pada Kamis 19 Maret 2020. Namun, berkat dorongan pemerintah bersama aparat TNI Polri, acara yang sudah dihadiri lebih dari 8.000 peserta tersebut resmi dibatalkan untuk menghindari penyebaran virus Corona.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi keputusan itu. Termasuk kepada para peserta dan panitia yang rela membubarkan acara.

“Presiden Joko Widodo mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang dengan tulus ikhlas mematuhi himbauan pembatasan sosial (Social Distancing) untuk menghindari atau menangkal penyebaran COVID-19,” ujar Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman dalam keterangannya, Kamis 19 Maret 2020.

Fadjroel mengatakan kegiatan yang melibatkan ribuan peserta dari beberapa negara itu dibatalkan setelah ada kesepakatan bersama. Pemerintah daerah juga sudah berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri.

“Kegiatan Ijtima Jamaah Tabligh Dunia di Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan yang diikuti ribuan jamaah dibatalkan berdasarkan kesepakatan bersama antara para pihak di bawah koordinasi Gubernur Sulawesi Selatan dan Forkopimda Sulsel,” tutur Fadjroel.

Menarik untuk Anda:

“Berdasarkan keterangan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Kakanwil Kementerian Agama Sulsel setelah berkoordinasi dengan Kapolri, Kapolda, dan Bupati Gowa, acara Ijtima Jamaah Tabligh resmi dibatalkan,” imbuhnya.

Fajroel mengatakan para peserta hari ini akan dipulangkan ke daerah masing-masing. Dia menyebut pembatalan Ijtima Dunia Zona Asia itu sebagai salah satu langkah antisipasi untuk menekan peneyebaran virus Corona di Indonesia.

‘Hari ini (Kamis, 19 Maret 2020) semua peserta akan dipulangkan dengan pengawalan melalui bandara dan pelabuhan. InshaAllah dengan gotong royong kemanusiaan ini, kita bersama-sama akan keluar sebagai pemenang melawan pandemi COVID-19, di Indonesia dan di seluruh dunia. Mari menolong sesama untuk menolong diri sendiri dan keluarga,” jelas dia.

Sebelumnya, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyatakan Ijtima Dunia yang akan digelar di daerahnya resmi dibatalkan. Keputusan itu diambil setelah melakukan pembicaraan dengan pihak penyelenggara.

“Alhamdulillah, akhirnya sepakat Ijtima Dunia ditunda/dibatalkan pelaksanaannya,” ujar Adnan melalui akun instagram resminya, seperti dilihat pada Kamis 19 Maret 2020.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kepala Ditebas Warga, Anggota Dewan di Sulsel Alami Pendarahan Parah

Akademisi Kedokteran Unpad Beberkan Penyebab Covid-19 Mudah Menyebar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar