Pilkada Serentak 2020 Akan Ditunda, KPU Makassar: Kami Tunggu Perintah

KPU Makassar menggelar rapat pleno penetapan syarat dukungan jalur perseroan Pilwali Makassar 2020 mendatang, Sabtu 26 Oktober 2019.

Terkini.id, Makassar – Komisi II DPR RI menyetujui penundaan Pilkada Serentak Tahun 2020 dengan alasan mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Anggaran Pilkada yang belum digunakan diminta untuk dialihkan ke penanganan pandemi Covid-19.

Hal ini menjadi kesimpulan rapat antara Komisi II DPR RI bersama Menteri Dalam Negeri, Anggota KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP RI di Jakarta, Senin 30 Maret 2020.

DPR RI meminta pemerintah segera membuat payung hukum. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang (PERPPU) penundaang Pilkada Serentak 2020.

“Bagaimana teknis dari hasil rapat ini, kami menunggu instruksi dari KPU RI,” kata Anggota KPU Makassar Endang Sari kepada Terkini.id, Senin 30 Maret 2020.

KPU Makassar masih menunggu pemberitahuan resmi dari KPU RI.

Baca juga:

Saat ini tahapan Pilkada serentak yang sudah ditunda akibat pandemi Virus Corona adalah pelantikan PPS, verifikasi calon perseorangan, perekrutan PPDP, dan proses pemuktahiran data pemilih.

PPK juga sudah diinstruksikan untuk ditunda masa kerjanya. Sebagai antisipasi penyebaran Covid-19

“Kalau dilihat dari kesimpulan rapat tersebut di poin 3, DPR meminta pemerintah untuk menyiapkan Perppu sebagai payung hukum baru,” kata Endang.

Menurut Endang, dengan adanya hasil rapat ini, kemungkinan besar jadwal pemilihan Bulan 9 tahun 2020 juga bergeser.

“Untuk jadwal pastinya kami menunggu instruksi KPU RI secara kelembagaan,” kata Endang.

Rapat bersama Komisi II DPR RI hari ini dihadiri Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian, Ketua KPU RI Arief Budiman, Ketua Bawaslu RI Abhan, dan Plt Ketua DKPP Prof Muhammad.

Mantan Anggota DPRD Kota Makassar Mudzakkir Ali Djamil menyarankan anggaran Pilkada Makassar sebesar Rp 74 Milyar segera dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Dana itu untuk pengadaan APD tenaga medis, penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah Makassar. Bantuan untuk terdampak Virus Corona dan lain sebagainya,” kata Muda, sapaan Mudzakkir.

Komentar

Rekomendasi

Mendagri: Pilkada di 270 Daerah 9 Desember 2020 Tetap Dilakukan, Asal…

Ketua Komisi C DPRD Dukung Proyek Padat Karya Dinas PU, Alasannya?

Senam di Kantor Akan Jadi Tatanan Baru Warga Kota Makassar

Begini Panduan New Normal dari Menkes, Atur Cara Pakai Helm hingga Transaksi

Sembilan Masjid di Kota Makassar Akan Laksanakan Salat Ied

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar