Plt Gubernur Sulsel Luncurkan Incubator of Technology and Business Teknik Unhas

Terkini.id – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri Peluncuran Incubator of Technology and Business, Peresmian Techno Exhibition Hall, dan Webinar Nasional Seri-1 Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas), di Fakultas Teknik Unhas, Kabupaten Gowa, Rabu, 4 Agustus 2021.

Kegiatan itu menjadi rangkaian Dies Natalis ke 61 Fakultas Teknik Unhas. Kegiatan ini mengusung tema Pengusutan SDM Teknik dan Inovasi Teknologi untuk Akselerasi Pembangunan Kawasan Timur Berbasis Negara Kepulauan Indonesia (NKI) yang Integratif, Adaptif dan Berkelanjutan.

Didampingi Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu, Dekan Fakultas Teknik, Muhammad Arsyad Thaha, dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Andi Sudirman melakukan Launching Inkubator Teknologi dan Bisnis.

Baca Juga: Kebut Vaksinasi Serentak, PKK Sulsel Target Vaksinasi 300 Ribu Warga

Plt Gubernur juga melakukan peninjauan Techno Exhibition Hall. Disana, dipamerkan beragam hasil penelitian dan riset dari Fakultas Teknik Unhas.

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mendorong Fakultas Teknik Unhas bisa berdiri sendiri menjadi Institut Teknologi Gowa. Menurutnya, pembangunan yang paling kuat adalah Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Sulsel Mulai Melandai dan Dibawah Standar WHO,...

“Karena ini sesuai dengan arah kebijakan Bapak Presiden Jokowi. Pendidikan menjadi terdepan, bagaimana SDM menjadi investasi kita yang bisa melahirkan banyak hal,” ungkapnya.

Ia mengatakan, Pemprov Sulsel senantiasa memassifkan pembangunan infrastruktur serta pembangunan SDM. Salah satunya, melakukan intervensi dalam upaya penurunan stunting.

“Kita terus bersinergi bersama kabupaten/kota dalam intervensi melalui penganggaran dan pendampingan kesehatan. Karena mungkin diantara anak-anak itu, mungkin ada yang menjadi  Habibie (Presiden RI ketiga),” sebutnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Sulsel Mulai Melandai dan Dibawah Standar WHO,...

Banyak hal yang menjadi kerjasama antara Pemprov Sulsel dan Universitas Hasanuddin. Salah satunya dalam dukungan pendampingan SDM dari Unhas. “Kita harap sinergi ini terus terbangun untuk mewujudkan Sulawesi Selatan yang jauh lebih baik kedepan,” pungkasnya.

Ia juga memotivasi para mahasiswa agar lulusan Sarjana (S1) bisa menjadi luaran yang tidak hanya berorientasi pada mencari pekerjaan. Namun, bagaimana membuka lapangan pekerjaan, minimal untuk dirinya sendiri. Misalnya, membuka usaha.

“Fokus kita kalau 30-40 persen yang bisa membuka lapangan pekerjaan, itu sudah luar biasa. Orientasi kita juga menghasilkan luaran yang langsung terpakai, cikal bakal membuka usaha, itu sudah bagus,” imbuhnya.

Techno Exhibition Hall, bagi Andi Sudirman, sangat baik. “Sudah ada tempat bagi adik-adik (mahasiswa Teknik Unhas) untuk berinovasi, bisa memperkenalkan produk-produknya. Harapan kita, mudah-mudahan ini menjadi tempat yang memperlihatkan produk-produk yang bernilai komersial, bernilai sosial, dan bisa terpakai membantu masyarakat,” harapnya.

Sementara, Dekan Fakultas Teknik Unhas, Muhammad Arsyad Thaha, menuturkan, Inkubator Teknologi dan Bisnis ini dalam rangka untuk menghilirisasi hasil riset dari Fakultas Teknik Unhas.

Sedangkan, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan, peningkatan SDM sangat penting. “Yang menjadi investasi daerah di masa yang akan datang. Peran Perguruan Tinggi dalam pembangunan bisa dilihat dari implementasi Tridharma,” katanya.

Bagikan