Masuk

Polisi Amankan Demo Mahasiswa di Lapangan, Jokowi: Saya yang Perintahkan Kapolri

Komentar

Terkini.id – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menghargai dan menilai demonstrasi mahasiswa jadi catatan untuk memperbaiki kekurangan negara Indonesia.

Hal ini diungkapkan lewat tulisannya di akun Instagram pribadinya, dilansir Jumat, 27 September 2019.

https://www.instagram.com/p/B24FsyWhWUM/?igshid=qq4658f02wkr

Baca Juga: Detik-Detik Polisi Tendang Kepala Mahasiswa Terekam Kamera, Warganet: Bangsat!

“Saya menghargai aspirasi yang disampaikan para mahasiswa dan berbagai elemen masyarakat melalui demonstrasi yang dilakukan selama beberapa hari terakhir,” kata Jokowi.

“Masukan-masukan yang disampaikan kepada saya dalam demonstrasi itu menjadi catatan besar dalam rangka memperbaiki kekurangan yang ada di negara kita,” lanjutnya

Terkait penanganan terhadap aksi demonstrasi di lapangan, pihaknya mengakui, memerintahkan kepada Kapolri agar menangani setiap aksi dengan cara-cara persuasif, terukur, dan tidak represif.

Baca Juga: Denny Siregar: Kasus Ade Armando Mau Disamakan Kasus Laskar FPI di KM 50?

“Saya juga mengingatkan agar demonstrasi untuk menyampaikan aspirasi hendaknya dilakukan dengan cara-cara yang damai dan tidak mengganggu ketertiban umum, serta tidak merusak fasilitas-fasilitas publik. Tindakan tegas harus dilakukan terhadap setiap aksi yang anarkistis,” kata dia

Selain itu, ia juga telah meminta Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk membuka ruang-ruang dialog kepada mahasiswa dan para rektor di kampus-kampus sehingga kita bisa membicarakan semua masalah yang terkait dalam suasana akademik, dan melihat perspektif-perspektif yang berbeda.

“Saya sendiri hendak bertemu dengan perwakilan para mahasiswa, Insya Allah besok, untuk mendengar langsung dan menampung aspirasi yang disampaikan dengan lebih terperinci,” jelasnya.