Makassar Terkini
Masuk

Polisi Mengimbau Kepada Masyarakat untuk Melapor Jika Ada Ormas yang Maksa Minta THR

Terkini.id, Jakarta – Menjelang hari raya Lebaran, Polda Metro Jaya mengimbau kepada masyarakat untuk melapor apabila ada organisasi masyarakat (Ormas) yang memaksa meminta Tunjangan Hari Raya (THR).

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan, pemaksaan tersebut dapat dikategorikan sebagai bentuk pemerasan, dikutip dari CNN Indonesia.

“Iya itu kan pemerasan, tapi kalau minta THR karena hubungan baik itu tidak masalah,” kata Zulpan saat dihubungi CNN Indonesia pada hari Jumat 22 April 2022.

“Tapi kalau membuat surat edaran meminta kepada semua perusahaan yang ada di wilayah tertentu yang mengatasnamakan ormas tertentu ini tidak dibenarkan,” imbuhnya.

Maka dari itu, Zulpan meminta kepada masyarakat atau perusahaan agar melaporkan ke polisi jika ada ormas yang memaksa meminta THR.

Setelah masyarakat atau perusahaan melaporkan ke polisi jika ada paksaan soal THR dari ormas, maka polisi akan segera melakukan proses hukum.

“Apabila ada korban yang melaporkan ke Polda Metro kita akan proses hukum terhadap kelompok-kelompok yang melakukan pemerasan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sebelumnya, bereda surat dari Pemuda Pancasila Pimpinan Ranting Cengkareng Timur, Jakarta Barat untuk mendapatkan kesejahteraan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Namun, Lasman Napitupulu selaku Wakil Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila (PP) DKI Jakarta membantah kabar tersebut.

“Kegiatan Ramadan itu kita memang ada program, tetapi tidak melakukan minta sumbangan kiri kanan. Tidak ada bentuk proposal ataupun bantuan-bantuan dari perusahaan ataupun lingkungan mana pun,” ujar Lasman pada hari Selasa 19 April 2022.