Masuk

Proyek Peningkatan Jalan Poros Pekkae-Soppeng Hasilkan Debu Tebal, Warga Harap Solusi

Komentar

Terkini.id, Barru – Proyek Peningkatan jalan Poros Pekkae-Soppeng sangat berbahaya bagi warga, pengguna jalan, dan utamanya aktivitas pendidikan. Pasalnya, proyek tersebut menyebabkan debu yang sangat mengganggu.

Warga yang juga aktivis Barru Kecamatan Tanete Riaja, Yusril mengatakan, sebenarnya semua warga mendukung dan senang peningkatan ruas jalan itu karena memang sudah lama kita nantikan, namun debu dari proyek itu tidak jadi perhatian oleh pelaksana. 

“Kami mendukung adanya pelebaran jalan itu, tetapi tolong perhatikan kesehatan warga sekitar, jangan sampai terkena dampak oleh debu yang ditimbulkan. Minimal ada penyiraman di proyek tersebut,” kata Yusril lewat siaran persnya, Rabu 7 September 2022.

Baca Juga: Proyek Jalan di Soppeng Jadi Temuan BPK-RI, Kontraktornya Pernah Beri Uang ke NA

Selain itu, menurut Yusril, pengerjaan perbaikan jalan poros ini menjadi sorotan karena menghasilkan debu yang tebal jarak pandang terbatas dan pastinya berbahaya bagi kesehatan apalagi di beberapa titik ada sekolah tiap hari ramai dengan Siswa.

“Di dusun Bootto-Botto ada sekolah SD, anak-anak usia 7-12 tahun, debu perngerjaan jalan ini dampaknya buruk bagi kesehatan bagi generasi muda kita, di Aroppoe ada SMAN 3 Barru juga ramai aktivitas belajar,” terangnya. 

Diketahui, proyek tersebut dikerjakan oleh PT. Uspatindo dan Konsultan Pengawas PT. Arista Cipta dengan nilai kontrak Rp.33.386.435.645,- sangat padat aktivitas proyek pengerjaan jalan karena hampir semua segmen sudah tersentuh pengerjaan belum lagi truk lalu lalang membawa material namun masih minim perhatian pelaksana proyek atas dampak yang ditimbulkan

Baca Juga: Jalan dan Jembatan Kabere Enrekang Segera Segera Progres Fisik

Yusril selaku warga dan pengguna jalan berharap kepada pihak terkait bisa mengatasi persoalan ini.

“Saya berharap pihak berwenang mencari solusi alternatif demi keamanaan dan kesehatan masyarakat dan pengguna jalan,” ucapnya.

Sementara itu, sebelumnya Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman saat berkunjung meminta warga mendukung dan ikut mengawasi pembangunan ruas jalan Pekkae (Barru) – Takkalala (Soppeng).

Permintaan tersebut disampaikan Andi Sudirman saat meninjau progres penanganan ruas jalan Pekkae – Takkalala, di Kabupaten Barru.