Pushidrosal TNI AL Lakukan Pemutakhirkan Data Hidro-oseanografi

Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL menggelar Operasi Survei dan Pemetaan (Opssurta) hidro-oseanografi perairan Koarmada 2 di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan Alur Pelayaran Timur Surabaya (APTS) Surabaya.
Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL menggelar Operasi Survei dan Pemetaan (Opssurta) hidro-oseanografi perairan Koarmada 2 di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan Alur Pelayaran Timur Surabaya (APTS) Surabaya.

Terkini.id, – Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL menggelar Operasi Survei dan Pemetaan (Opssurta) hidro-oseanografi perairan Koarmada 2 di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan Alur Pelayaran Timur Surabaya (APTS) Surabaya.

Opssurta yang dilaksanakan selama 35 hari di APBS/APTS Surabaya ini bertujuan untuk memastikan perairan Koarmada-koarmada aman dilayari oleh unsur – unsur KRI saat melaksanakan OMP/OMSP, data dan informasi yang diperoleh akan digunakan untuk meng update Peta Laut Indonesia (PLI) no 84 dan 96.

Menurut Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H, APBS dan APTS Surabaya merupakan alur pelayaran yang cukup padat dengan perubahan morfologi dan sedimentasi cukup tinggi sehingga sangat dibutuhkan data dan informasi yang akurat dan modern untuk bernavigasi guna menjamin keselamatan pelayaran bagi Kapal Perang TNI AL dan Kapal niaga.

Menurutnya, selama 35 hari, tim survei Pushidrosal yang berjumlah 15 personel melaksanakan Opssurta Hidro–Oseanografi di bawah pimpinan Letkol Laut (P) Deirus Rizki Khair,S.T., dengan kegiatan meliputi: pengambilan data kedalaman (pemeruman), pencitraan dasar laut, verifikasi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran(SBNP).

“Kami juga melakukan verifikasi data pipa/kabel pemasangan stasion pasang surut, pengukuran arus, pengukuran ketebalan sedimentasi, pengambilan contoh dasar laut, pengambilan contoh air laut, pengukuran CTD, pengamatan meteorologi,verifikasi toponimi dan pengumpulan data geografi maritim,” ujarnya.

Baca juga:

Keakuratan dan kemutahikran data hidrografi dan oseanografi merupakan suatu hal yang mutlak dibutuhkan dalam meningkatan level kepercayaan dan keselamatan para stakeholder bidang kelautan sesuai amanah pemerintah RI kepada Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional.

Dalam rangka monitoring dan evaluasi perolehan data hidrografi dan oseanografi, kegiatan survei diinspeksi oleh Tim Pushidrosal yang dipimpin oleh Dirpotmar Pushidrosal Kolonel Laut (P) Suhendro didampingi Kasubditnautik Letkol Laut (P) Sinung Budi Prasojo, A.md.

“Inspeksi ini bertujuan untuk meninjau secara langsung perkembangan pelaksanaan survei yang sedang dilaksanakan oleh tim Pushidrosal meliputi area, waktu serta metode survei apakah telah sesuai dengan yang dimandatkan pada rencana awal, guna memenuhi persyaratan yang telah ditetapakan sesuai kaidah survei hidro – oseanografi internasional sehingga data yang dihasilkan akurat, mutakhir dan terpercaya.

Diketahui bahwa Pushidrosal merupakan lembaga hidrografi nasional yang bertanggung jawab dalam menjamin keselamatan pelayaran untuk kepentingan militer dan sipil.

“Oleh karena itu, pelaksanaan inspeksi tersebut juga merupakan salah satu fungsi kontrol dalam menjamin akurasi dan kemutahiran data hidro-oseanografi sehingga data dan informasi yang dihasilkan dapat terpercaya dan handal dalam mendukung pengembangan prasarana dan keselamatan bernavigasi di laut,” tutupnya.

Komentar

Rekomendasi

Tetap Produktif di Tengah Pandemi Covid-19, Nantikan Skenarionya

Pasien Positif Corona di Indonesia Bertambah 687, Terbanyak dari Jawa Timur

Gugus Tugas Nasional Kirim Dua Mobile Combat COVID-19 di Jatim

TNI dan Polri Dapat Tugas Disiplinkan Masyarakat Hadapi Corona

Masih Pandemi Covid-19, Gubernur Irwan: Sudah Masuk, Tidak Boleh Keluar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar