Puskesmas Masamba Direakreditasi, Kadinkes: Harapan Kita Naik Kelas

Puskesmas Masamba kedatangan Tim Surveior Akreditas Puskesmas, Minggu 15 September 2019 kemarin.

Terkini.id,MasambaPuskesmas Masamba kedatangan Tim Surveior Akreditas Puskesmas, Minggu 15 September 2019 kemarin. Kedatangan  mereka diterima Penjabat Sekda Tafsil Saleh dan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Andi Muhammad Nasrum, di Aula Hotel Bukit Indah Masamna. Mereka juga disambut oleh Sekretaris Dinkes serta Kepala Puskesmas Masamba beserta jajarannya.

Tafsil yang hadir mewakili Bupati menyampaikan, puskesmas adalah garda terdepan dalam penyelenggaraan kesehatan dasar masyarakat. Untuk itu, dia berharap seluruh Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal.

“Upaya perbaikan mutu dan peningkatan kinerja nantinya akan dinilai pihak eksternal melalui mekanisme akreditasi,” kata Tafsil.

Penilaian itu, lanjut dia, dalam rangka melihat sejauhmana peningkatan pelayanan kesehatan di seluruh Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), dalam hal ini puskesmas.

“Akreditasi ini adalah pengakuan terhadap fasilitas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan pemerintah, dalam hal ini Menteri Kesehatan,” katanya.

Sebelumnya, Kadinkes Andi Muhammad Nasrum menyatakan kesiapan Puskesmas Masamba untuk direakreditasi. Nasrum yakin, Puskesmas Masamba akan naik kelas, mengingat Puskesmas ini sudah berpengalaman menghadapi survei akreditasi.

“2016 lalu Puskesmas Masamba terakreditasi madya, harapan kita tentunya akan naik kelas,” harapnya.

Tim Surveior terdiri 3 orang, masing-masing Sriyono (Surveyor Admen), Ida Roslina (Surveyor UKM), dan Rusli A. Katili (Surveyor UKP).

Mereka akan melakukan survei selama tiga hari yang dimulai pada 16 hingga 19 September 2019. Hari pertama opening meeting, selanjutnya klarifikasi dan masukan.  Survei juga diwarnai penelusuran tokoh masyarakat dan lintas sektor.

Berita Terkait
Komentar
Terkini