Darhamsyah Tembus 10 Besar Kancah Nasional Anugerah ASN Teladan 2021

terkini.id-Makassar, Satu lagi putra  Sulawesi Selatan berhasil menembus kancah nasional lewat ajang pemilihan tahap II dalam gelaran even Pemilihan ASN Teladan tingkat Nasional Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB selaku panitia panitia even Anugerah ASN ini

 

Dr.Darhamsyah, sosok pemimpin yang berkhidmat di Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku Kementerian LHK ini berhasil menembus even Pemilihan ASN Teladan tingkat Nasional.

Nampak Dr.Darhamsyah , Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku disela sela kesibukannya tak lupa terus menggali ilmu untuk berbuat yang terbaik kepada masyarakat  Sumber gambar: [email protected]

Baca Juga: Balai Gakkum KLHK Wilayah Sumatera Gagalkan Penjualan Sisik Trenggiling dan...

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) beberapa saat yang lalu telah menetapkan sebanyak 41  kandidat yang lolos Seleksi Tahap II Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2021. 

 

Baca Juga: BBKSDA Sulsel Bersama Mitra Laksanakan Kampanye Penyadartahuan Konservasi

Dikutip  dari laman resmi  Kementerian PAN-RB pada Minggu ( 21/11/2021) mengenai  Pelaksanaan Anugerah ASN 2021 untuk Ke-41 kandidat tersebut terdiri dari 10 kandidat untuk Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya Teladan, 10 kandidat PPT Pratama Teladan, 10 kandidat ASN Inspiratif, dan 11 kandidat The Future Leader. 

 

Salah satu kandidat yang masuk nominasi 10 besar dari Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama Teladan adalah Dr.Darhamsyah.

Baca Juga: BBKSDA Sulsel Bersama Mitra Laksanakan Kampanye Penyadartahuan Konservasi

Pria yang akrab disapa Dar , merupakan sosok putra  berdarah Pinrang di Sulawesi Selatan. Telah mengabdi selama 36 tahun mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara dan mendedikasikan diri serta karyanya untuk Masyarakat.

Nampak Darhamsyah sementara melakukan wawancara di alam terbuka  Sumber gambar:Instagram  @Darhamsyahjaluddin

Disela sela kesibukannya berkiprah sebagai Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan  Ekoregion (P3E) Sulawesi dan Maluku, Dr.Darhamsyah terus membagikan ilmunya  ke seluruh lapisan masyarakat , baik di tingkat daerah hingga ke tingkat Nasional.

 

Menurut Darhamsyah yang dihubungi kemarin menegaskan, ini adalah hasil kolektif serta Hasil kerja dari banyak pihak. 

 

”Saya yakin, banyak ASN yang lebih layak. Banyak yang bekerja dan berkarya dalam sepi, penuh dedikasi dan kepada merekalah kita sampaikan apresiasi yang tinggi,”ungkapnya.

Dengan Motto Teladan Memimpin, Teladan Melayani Lead by Example, Serve with Humble merupakan Motto yang dipegang teguh sosok Darhamsyah dalam bekerja.

Berkiprah di P3E SUMA KLHK , Dr.Darhamsyah tetap  bertekad memberikan yang terbaik. Dalam bekerja, dirinya tetap memadukan cinta /love dan tugas /duty,  Oleh karenanya, ia pun direkomendasikan oleh Menteri LHK sebagai kandidat ASN Teladan Nasional.

Nampak buku yang berjudul ” Enjoy Life with Eco Life ” karya dari Darhamsyah, buku ini telah dilaunching di Perpustakaan Nasional beberapa waktu yang lalu. Sumber gambar: [email protected]

Darhamsyah yang telah menulis buku dan melaunchingnya di perpustakaan nasional beberapa saat yang lalu , terobsesi dan terus bertekad kuat menebar dampak positif Enjoy Life with Eco-Life.

Sumber gambar: Instagram @ Darhamsyahjamaluddin

Menurutnya,  Ini adalah metode inovatif dalam pengembangan leadership dan organisasi, berbasis kecerdasan lingkungan dan keterhubungan dengan alam atau nature relatedness.

Aplikasinya dalam bentuk edukasi dan coaching. Inovasi berdampak pada kesadaran diri /self awareness, rasa kebersamaan /sense of togetherness, kebermanfaatan /sense of purpose, serta kemampuan beradaptasi.

Dar menyukai peran sosial, serta aktif memperjuangkan kesetaraan gender. seperti memberikan motivasi kepada korban gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya (2018) dan gempa Mamuju-Majene (2021), Bencana Banjir Bandang Masamba  ( Juli 2020)

Juga aktif mengedukasi masyarakat seperti Kongres Memanen Air Hujan Indonesia II di UGM untuk Indonesia pada (2019) , Penyelamatan Danau Prioritas  dengan Mengedukasi di wilayah Danau Matano  Kab . Luwu Timur ( 2021) , gerakan aksi peduli diantaranya kepada para tim medis yang bertugas dalam penanganan Covid-19  melalui penyaluran madu hutan HHBK ( Hasil Hutan Bukan Kayu) di SulSel pada Maret 2020, dll.

Berkolaborasi dengan berbagai lembaga, terus aktif memberikan layanan coaching dan mentoring gratis kepada ASN dan masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

Dengan kemampuan komunikasi sebagai certified trainer di bidang public speaking, berbagi inspirasi go to campus, go to school dan dipercaya sebagai pembicara tetap di Radio Smart FM.

 

Darhamsyah yang merupakan sosok seorang pembelajar ini,  Setelah menyelesaikan doktor di bidang Administrasi Publik, tetap belajar sehingga menjadi certified trainer and coach di bidang brain based coaching, intuitive coaching, mindfulness, behavioral change, motivasi dan Neuro Linguistic Programming (NLP). 

Kesemuanya capaian ini didedikasikan untuk masyarakat, dalam bentuk layanan leadership coaching dan edukasi cinta lingkungan.

Selain Darhamsyah,  ada juga 9 (sembilan) kontestan kandidat pada kategori PPT Pratama Teladan, yakni Agus Sadeli (Kepala DPMPTSP Pemerintah Kabupaten Kuningan), Arief Setiawan (Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi), Hestu Yoga Saksama (Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kementerian Keuangan),  Ida Yuliati (Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Jambi), Mohammad Syahril (Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso Jakarta Kementerian Kesehatan), Ni Made Ayu Marthini (Direktur Perundingan Bilateral Kementerian Perdagangan),
Putu Arya Nugraha (Direktur RSUD Kabupaten Buleleng ), Radmida Dawam (Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Pangkal Pinang), Redemptus Heru Setyawan (Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Pemerintah Kota Tegal). 

Adapun  Pengumuman Seleksi Tahap II Anugerah ASN 2021 di Jakarta, 20 November 2021 oleh Kementerian PAN-RB dapat diunduh pada laman ; https://menpan.go.id/site/berita-terkini/info-terkini/pengumuman-seleksi-tahap-ii-anugerah-asn-2021-jakarta-20-november-2021.

Bagikan