Rakor YESS di Sulawesi Selatan, komitmen lahirkan milenial muda sesuai arah kebijakan Mentan SYL

Rakor YESS di Sulawesi Selatan

Kementerian Pertanian kian serius untuk melahirkan wirausahaan milenial dari sektor pertanian. Setelah Program Penumbuhan Wirausahaan Muda Pertanian (PWMP), Kementan bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD) akan menciptakan wirausahaan milenial tangguh dan berkualitas melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, secara resmi membuka acara rakor YESS. Dalam arahannya, Justan Riduan Siahaan, AK., MACC, CA, selaku Irjen Kementan menyampaikan bahwa persoalan pertanian adalah persoalan kita semua. Program YESS ini merupakan kegiatan penciptaaan milenial muda sesuai dengan arah kebijakan Mentan SYL,” ungkapnya. Tambahnya, Apa yang dilakukan Polbangtan Gowa saat ini sudah tepat dan seiring dengan program kementan. Empat kabupaten yang merupakan binaan haruslah sesuai dengan komoditi unggulan daerahnya.

Irjen Kementan ini juga menyampaikan program kementan lainnya yakni “Gratieks” (Gerakan Tiga kali Ekspor). Tiga hal yangh harus dihindari untuk mewujudkan program tersebut diantaranya; 1. Gagal Pertanaman, 2. Gagal Panen, dan 3. Gagal Pasar,” tegasnya.

Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu Provinsi tempat pelaksanaan program YESS dan Politeknik Pembangungan Pertanian (Polbangtan) Gowa ditunjuk sebagai PPIU (Provincial Project Implementation Unit) dengan lingkup kegiatan meliputi 4 Kabupaten yaitu, Kabupaten Bone, Kabupaten Maros, Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Bulukumba.

Dengan adanya program YESS diharapkan nantinya akan menghasilkan tenaga kerja dan wirausahawan-wirausahawan Muda Pertanian. Agar program YESS dapat terlaksana dengan baik dan mencapai target yg telah ditetapkan maka perlu menyamakan persepsi dalam pelaksanaan program kegiatan antara National Programme Management Unit (NPMU), PPIU dan pihak Daerah, ujar Drs. syamsuddin, M.Pd PPIU Polbangtan Gowa pada ‘Rapat koordinasi kegiatan Provincial Start-up Workshop YESS Programme di Hotel Horison, Makassar, Rabu (22/01).

Menarik untuk Anda:

Selama tiga hari peserta akan dibekali dengan materi-materi terkait dengan Program YESS, sehingga nantinya peserta mampu memahami apa yang aan dikerjakkan ketika kembali kedarahnya.

Kami dari pihak Polbangtan Gowa selaku PPIU akan mendukung 100% adanya program YESS, mulai dari penyiapan ruangan kerja hingga menyiapkan sarana TEFA (Teaching Factory) baik dibidang pertanian, peternakan dan perkebunan tempat belajar atau praktik dalam hal mendorong kaum milenial agar menjadi wirausahaan Muda Pertanian.

Workshop ini dilaksanakan sebagai sarana sosialisasi tentang implementasi program YESS khususnya yang berkaitan dengan aspek perencanaan program, penganggaran, prosedur pengadaan barang dan jasa, monitoring, evaluasi serta sistem pelaporannya,” tuturnya. (MUZ).

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kabar Baik dari Bidang Kemahasiswaan UIM l, Bertekad Wujudkan World Universitas

Panen di Pangkep Bukti Aktifitas Insan Pertanian Tidak Berhenti Meski Pandemi Covid-19

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar