Makassar Terkini
Masuk

Roy Suryo Resmi Tersangka, Netizen: Bahagia Itu Sederhana

Terkini.id, Jakarta – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyatakan bahwa Roy Suryo sudah berstatus sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur.

“Iya sudah,” ujar Kombes Endra Zulpan, dikutip dari detikcom, Jumat 22 Juli 2022.

Namun demikian, Kombes Endra Zulpan belum memberikan secara lengkap mengenai kapan mantan Menpora ini ditetapkan sebagai tersangka.

Walaupun begitu, Kombes Endra Zulpan berujar bahwa untuk proses pemeriksaan hari ini, Roy Suryo telah menjadi tersangka.

“Hari ini bener sedang diperiksa di Polda Metro dengan status sebagai tersangka,” kata Kombes Endra Zulpan.

Diketahui pada Jumat 22 Juli 2022 sejak pukul 10.30 WIB hingga berita ini diturunkan, Roy Suryo masih menjalani pemeriksaan terkait kasus meme stupa Candi Borobudur.

Sebagai informasi, terdapat dua laporan yang ditujukan untuk Roy Suryo dan telah masuk ke tingkat penyidikan, yaitu laporan Kurniawan Santoso di Polda Metro Jaya dan pelapor bernama Kevin Wu di Bareskrim Polri.

“Artinya, dua laporan polisi yang telah dipelajari dan dilakukan pemeriksaan, dinaikkan yang statusnya dari penyelidikan ke penyidikan karena telah memenuhi adanya unsur pidana di dalamnya,” tutur Kombes Endra Zulpan.

Selain itu, Roy Suryo sendiri juga melaporkan tiga akun media sosial yang menganggap dirinya sebagai pengunggah pertama meme stupa Candi Borobudur.

Kombes Endra Zulpan tidak menjawab secara pasti soal status laporan Roy Suryo sebagai pelapor tersebut. 

Kombes Endra Zulpan hanya menyebut pihaknya akan fokus pada dua LP Roy Suryo sebagai terlapor yang kini naik penyidikan.

“Kalau tadi pertanyaannya (Roy Suryo) dipanggil sebagai pelapor ya, saya tidak bisa sampaikan. Karena yang saya sampaikan adalah hasil gelar perkara naik ke penyidikan adalah terhadap dua laporan polisi itu,” pungkas Kombes Endra Zulpan.

Berikut ini komentar netizen soal penetapan Roy Suryo sebagai tersangka yang dilansir dari kolom komentar Twitter @_ekokuntadhi, Jumat 22 Juli 2022.

“Bahagia itu sederhana Alhamdulilah Ya Allah,” tulis akun Twitter @Madebylaluna.

“Kelamaan,” lanjut akun Twitter @boedi_wie.

“Puji Tuhan,” sambung akun Twitter @Prihatinkondisi.

“Kabul doa di hari jumat,” papar akun Twitter @Kelik2068.

“Ahli IT kena UU iTE,” ulas akun Twitter @rudywijananto.