Salah Tempat Memilih, Dua TPS di Soppeng Pemungutan Suara Ulang

Terkini.id, Soppeng – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Soppeng menemukan dua orang pemilih yang ber-KTP Makassar menggunakan hak pilihnya di dua TPS Soppeng, yakni TPS 20 Kelurahan Lapajung Kecamatan Lalabata dan satu orang di TPS 4 Desa Donri-Donri Kecamatan Donri-Donri.

Hal tersebut dibenarkan Ketua Bawaslu Soppeng Winardi.

Winardi mengungkapkan, berdasarkan laporan yang diterima Bawaslu, ada dua pemilih yang ditemukan menggunakan hak pilihnya di TPS berbeda dengan menggunakan KTP Makassar.

Pemilih tersebut menggunakan KTP Makassar dan tidak memiliki formulir A5.

“Iye, Panwaslu Kecamatan menemukan pemilih yang mencoblos menggunakan KTP Makassar tanpa menggunakan formulir A5,” ungkap Winardi lagi.

Winardi melanjutkan, pihaknya sudah mengecek Data DPT dan DPTB l. Dari hasil tersebut, kedua pihak yang memiliki KTP Makassar tidak terdaftar untuk mencoblos di Kabupaten Soppeng.

“Setelah kita cek di data DPT, DPTB yang bersangkutan tidak terdaftar,” ungkapnya.

Perlu diketahui, berdasarkan pasal 372 ayat 2 (b) bahwa pemilih yang tidak terdaftar di DPT, DPTB serta DPK, tidak boleh menggunakan hak suaranya di TPS lain yang tidak sesuai dengan KTP-nya berdomisili.

Dari dasar tersebut, pihak Bawaslu merekomemdasikan dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang di TPS 20 kelurahan lapajung dan TPS 4 Desa Donri- Donri

“Itulah dasar kami sehingga kita merekomendasikan dilaksanakan PSU. Untuk jadwal dilaksanakannya PSU kedua TPS tersebut, pihak KPU Kabupaten Soppeng yang menentukan waktunya,” ungkap dia lagi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini