Sambut Hari Nasional UMKM, Diskop UKM Sulsel Gelar Dialog

Diskop UKM Sulsel
Sambut Hari Nasional UMKM, Diskop UKM Sulsel Gelar Dialog

Terkini.id, Makassar – Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki hari nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Agustus. Peringatan Harnas UMKM ditetapkan dalam Kongres UMKM tahun 2016 di Yogya, mengambil momentum kelahiran Bapak Bangsa Dr. H. Mohammad Hatta sebagai sarana untuk merawat dan membesarkan semangat ekonomi kerakyatan.

Dalam rangka hari nasional (Harnas) UMKM 2019, Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan melalui Kadiskop UKM Sulsel mengundang penggiat dan pendamping UMKM dalam kegiatan focus group discussin (FGD), Senin, 12 Agustus 2019 di ruang rapat kantor Diskop UKM Sulsel.

Kegiatan FGD bertema “Outlook UMKM Sulawesi Selatan” ini mengambil tema harnas UMKM Nasional “UMKM Kuat, Bangsa Brdaulat” bertujuan untuk lebih membangun eksistensi dan kinerja UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, H. Abd. Malik Faisal, SH.M.Adm. Pemb mengatakan, meskipun digelar sederhana, peringatan Harnas UMKM melalui FGD bertujuan menggali ide,masukan dan kritikan terkait arah dan kebijakan pengembangan UMKM selama ini.

“Kami ingin mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam pengembangan ekonomi lokal dengan penguatan UMKM dan Koperasi,” tambahnya.

Dalam FGD sehari penuh, hadir antara lain Ketua Korwil ABDSI Sulsel, Salman Sahmad, Koordinator Konsultan PLUT Sulsel, Bahrul Ulum, Ketua Akumandiri Sulsel, Bahtiar Baso, Pengurus Apindo Sulsel, Ariani Indahwati, Akademisi STIE Nobel, Dakhri Sanusi, Pendamping Makassarpreneur, Rahmatia Nuhung.

Beberapa kesimpulan diskusi ini antara lain pentingnya kolaborasi multipihak dalam pemberdayaan umkm, mengacu roadmap UMKM Kuat 2045 adalah UMKM yang kuat karakternya, kuat produktivitasnya, kuat daya saingnya.

Dibahas pula pentingnya pnyediaan database terpusat sebagai langkah awal melakukan pemetaan UMKM berdasarkan potensi yang ada.

Adapun poin penting yang akan segera ditindaklanjuti adalah pertemuan rutin setiap bulan yang menghadirkan semua stakeholder dan pelaku UMKM sebagai wujud sinergitas dalam meberdayakan UMKM dan untuk menemukan soslusi ata spermasalahan yang sedang dihadapi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini